Perlukah Kawat Gigi, Ini Penjelasan Pakar UGM

Rahmat Deny - Minggu, 13 Juni 2021 21:34 WIB
Ilustrasi: penggunaan kawat gigi undefined

Penggunaan kawat gigi saat ini menjadi tren dikalangan wanita, salah satu alasannya adalah untuk menambah kepercayaan diri dan estetika. Seberapa pentingkah menggunakan kawat gigi dan apa manfaatnya.

Sri Suparwitri, dokter spesialis ortodonti sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Gigi UGM menjelaskan berbagai susunan gigi yang sebaiknya menggunakan kawat gigi antara lain seperti gigi renggang, gigi berjejal, gigi yang maju, dan gigi yang rahang bawahnya berada di depan rahang atas.

Susunan gigi yang kurang baik disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan, karies gigi, serta faktor kebiasaan yang kurang baik.

“Dalam proses perawatan ortodonti tidak serta merta diharuskan untuk mencabut gigi. Pada gigi yang renggang biasanya tidak dilakukan proses pencabutan gigi, namun pada gigi yang berjejal dan maju jika dirasa membutuhkan ruang untuk mengoreksi susunan gigi maka akan dilakukan proses pencabutan gigi,” jelasnya seperti dilansir dari ugm.ac.id Minggu (13/6/2021)

Menurutnya, perawatan ortodonti bukan hanya terkait dengan estetika semata, namun yang paling penting adalah fungsi kesehatan. Sering kali pasien datang memang bertujuan untuk memperbaiki estetika, namun setelah dievaluasi memang memerlukan perawatan ortodonti dari segi fungsi kesehatannya.

“Dalam perawatan ortodonti yang paling penting diperhatikan adalah jaringan pendukung gigi yang sehat jadi walaupun gigi berlubang tetap dapat menggunakan kawat gigi dengan catatan harus ditambal terlebih dahulu,” jelas Suparwitri.

Ketika susunan gigi tidak baik maka akan menyebabkan penyakit lain seperti karies. Hal itu disebabkan oleh banyaknya sisa makanan yang tidak dapat dibersihkan dengan maksimal ketika susunan gigi tidak sesuai. Selain itu, ketika gigitan atau kunyahan yang dimiliki tidak benar maka dapat menyebabkan kerusakan persendian tulang. Contohnya kasus rahang bawah yang berada di depan rahang atas akan menyebabkan kemiringan rahang dan penyakit persendian rahang yang lebih kompleks.

“Mulai dari anak anak hingga dewasa dapat menggunakan perawatan ortodonti sehingga lebih percaya diri dan terhindar dari penyakit,” jelasnya.

Kawat gigi atau perawatan ortodonti merupakan perawatan gigi yang dapat dilakukan untuk mengoreksi susunan gigi yang kurang baik. Manfaat penggunaan kawat gigi antara lain menghindarkan dari berbagai penyakit, menjaga kesehatan gigi, serta menambah kepercayaan diri.

Melihat manfaat penggunaan kawat gigi dan dampak buruknya jika tidak menggunakan, sebaiknya jika memiliki susunan gigi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya maka segeralah konsultasikan ke dokter.

RELATED NEWS