Perpustakaan Pacitan Tetap Jadi Pilihan

Dias Lusiamala - Kamis, 10 Februari 2022 11:22 WIB
Koleksi buku di Perpusda Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Di tengah mudanya mendapat informasi dan ilmu pengetahuan, perpustakaan tetap menjadi pilihan yang belum ditinggalkan. Meski tentu saja perpustakaan juga harus bebenah untuk menyesuaikan era.

Hal ini yang dilakukan Perpustakaan Daerah Pacitan. Lembaga di bawah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini bahkan memiliki gedung megah yang terletak di sebelah Gedung Gasibu Pacitan.

Perpusda Pacitan juga membuat agenda rutinan yaitu perpustakaan keliling. Target perpustakaan keliling seperti ke sekolah, desa, pondok pesantren dan obyek wisata. Bahkan sebelum pandemi sempat mengadakan perpustakaan keliling di car free day setiap hari minggu.

Untuk sementara rute perpustakaan keliling di car free day terpaksa dihentikan karena pandemi. Agenda perpustakaan keliling pun dilakukan terbatas selama pandemi, selain itu petugas juga perlu menyesuaikan anggaran untuk biaya trasnportasi perpustakaan keliling. Jumlah mobil perpustakaan keliling sebanyak 2 mobil yang dioperasikan.

Gedung Perpusda Pacitan/Dias Lusiamala

Untuk jam pelayanan perpusda sendiri sejak februari 2022, buka dari pagi sampai malam. Senin – Jumat mulai pukul 07.30-17.00 WIB (Pagi), pukul 18.30-21.30 WIB (Malam), untuk Sabtu - Minggu buka pukul 08.00 – 13.00 WIB.

“Namun jika ada surat edaran dari atasan untuk tutup PPKM ya terpaksa kami tutup. Berdasarkan standar layanan perpustakaan nasional itu minimal 8 jam buka, dan untuk Perpusda Pacitan sudah terpenuhi bahkan hampir 12 jam,” ungkap Joko Wahidi (55) selaku Kabid Layanan dan Koleksi kepada Halopacitan.com Rabu (9/2/2022).

Buku-buku yang ada di Perpusda Pacitan bisa dipinjam dengan syarat sebagai warga pacitan dibuktikan dengan menunjukkan KTP dan mendaftar menjadi anggota Perpusda Pacitan untuk mendapatkan kartu anggota.

Maksimal hanya dua eksemplar dan durasi pinjam maksimal hanya satu minggu. Ada beberapa buku yang bisa dipinjam ada beberapa buku yang hanya dibaca di perpus seperti buku referensi hanya dapat dibaca on the spot.

Untuk masyarakat Pacitan yang tidak sempat datang ke Perpusda Pacitan, bisa membuka website Perpusda Pacitan, dan mengakses buku digital yang saat ini sudah terkoleksi sebanyak 2.200 eksemplar. Selain itu ada akses internet gratis bagi para pengunjung.

Nongkrong di perpustakaan itu keren

Editor: AZ

RELATED NEWS