Pidakan, Pantai Tanpa Pasir di Pacitan

Amirudin Zuhri - Minggu, 02 Januari 2022 15:17 WIB
Pandai Pidakan (Dok Halopacitan)

PACITAN-Pantai Pidakan sangat mudah untuk dijangkau wisatawan. Pantai Pidakan berada di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.

Akses menuju sini sudah sangat mudah. Bahkan dari jalur JLS hanya berjarak sekitar 150-200 meter dan dari pusat kota hanya berjarak sekitar 21-23 kilometer ke arah timur.

Pantai Pidakan ini satu-satunya pantai yang ada di Pacitan yang tidak berpasir. Sebagai gantinya ada hamparan batu kerikil putih yang bersih yang membentang di sepanjang pantai atau sekitar 300-400 meter.

Pengunjung boleh bermain sepuasnya dengan batu-batu kerikil tersebut termasuk menyusunnya menjadi berbagai bentuk. Anda yang punya hobi rock stacking atau menyusun batu-batu dengan keseimbangan tinggi, bisa sepuasnya berkarya di tempat ini.

Namun, ada larangan keras mengambil atau membawa pulang batu kerikil. Selain itu dilarang berenang di laut dan tentunya untuk tidak membuang sampah sembarang.

Pantai Pidakan juga cukup bersih, selain batu kerikil yang menjadi daya tarik tersendiri, beberapa spot selfi, tempat duduk di bibir pantai, ayunan juga disediakan oleh pengelola setempat. Beberapa fasilitas seperti toilet dan musala juga telah ada di pantai tersebut selain tentu saja warung-warung makan.

Pantai Pidakan dari dulunya memang dipenuhi kerikil. Warga tidak tidak mengetahui bagaimana asal usulnya. Selain batu kerikilnya yang menjadi daya tarik, pemandangan yang ditawarkan juga cukup eksotis.

Editor: Amirudin Zuhri

RELATED NEWS