Polisi Pacitan Ajak Anak-Anak Hindari Hepatitis Akut

Amirudin Zuhri - Sabtu, 14 Mei 2022 11:17 WIB
Sosialisasi hepatitis ke anak SD oleh Polres Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Penyakit hepatitis akut yang datangnya masih misterius menjadi hal yang mendapat perhatian dari banyak pihak. Untuk memberi kesadaran kepada warga, Polres Pacitan melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan tentang penyakit ini.

Sosialisasi diberikan kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Baleharjo, Pacitan pada Jumat siang (13/5/2022).

Untuk mencairkan suasana agar sosialisasi pencegahan hepatitis ini dikemas dengan metode pembagian hadiah berupa kotak makan kepada siswa-siswi. Siswa-siswi pun begitu antusias dan bersemangat menyimak paparan dari Polres Pacitan.

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Siswoyo, mengatakan gerakan ini merupakan perintah langsung dari Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono untuk melakukan edukasi agar nantinya tidak ada penularan virus hepatitis yang akut di Pacitan, seperti yang telah terjadi di beberapa wilayah.

“Edukasi kali ini adalah mengimbau agar anak-anak tidak jajan sembarangan. Kami juga menyampaikan kepada pihak sekolah agar orang tua murid membekali anak-anak dengan makanan yang bergizi seimbang,” kata AKP Siswoyo.

AKP Siswoyo juga menambahkan agar tidak tertular, semua alat makan harus dipastikan dalam kondisi higienis, makanannya pun juga harus dipastikan bergizi dan sebelum makan dipastikan sudah mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir.

Walaupun hingga kondisi terkini di Kabupaten Pacitan masih belum ada kasus hepatitis akut. Namun dari Polres Pacitan akan terus berupaya untuk mensosialisasikan tentang hepatitis ini ke sekolah-sekolah. Agar kedepannya Kabupaten Pacitan bisa terbentengi dari penyakit dengan baik.

“Untuk beberapa sekolah lain akan kita upayakan segera kedepannya kami pun berupaya menginisiasi agar hepatitis akut, ini jangan sampai masuk ke wilayah Pacitan,” tambahnya

RELATED NEWS