Pos Lebaran Pacitan Siap Diaktifkan

Dias Lusiamala - Selasa, 26 April 2022 13:43 WIB
Pos lebaran Polres Pacitan (Dias Lusiamala)

PACITAN- Polres Pacitan telah menyiapan sejumlah pos pelayanan Lebaran 2022 di beberapa titik.

Salah satu pos berada di Alun-alun Pacitan. Kasatlantas Polres Pacitan AKP Siswoyo mengatakan pos difokuskan pada kegiatan masyarakat untuk penerapan protokol kesehatan.

"Kita siapkan pelayanan vaksin disini, dan membagikan masker gratis dan kita juga melihat memantau keramaian di pusat perbelanjaan mana terjadi kepadatan kita turun tangan untuk membantu agar tercipta kelancaran kembali,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga memantau jalur masuk ke Pacitan, “Kita kemarin simulasi apabila tidak memungkin atau terjadi keramaian dan kepadatan dialihkan Simpang 3 Pembangunan dialihkan ke Jl. Dr. Soetomo serta Simpang 4 Tanjungan yang mengarah ke Solo kita arahkan ke sana. Jadi nanti benar-benar dibuat agar di wilayah kota ini tidak terjadi kepadatan," kata AKP Siswoyo, saat ditemui di Pos Pelayanan Lebaran Senin (25/04/2022).

Pos Pelayanan lebaran terbagi menjadi beberapa pos pelayanan 1 berada di Alun-alun Pacitan, pos pengamanan berada di terminal pacitan. Untuk Pos Pengamanan difokuskan untuk melihat situasi masyarakat yang mudik dari luar, masuk ke Pacitan agar selalu menjalankan prokes. Selain itu juga untuk menjaga kelancaran lalu lintas kendaraan di dalam terminal.

Ada beberapa pos pengamann lain seperti di Punung, Ngadirojo, Tegalombo, Soge dan Watukarung. Personel di setiap pos pengamanan terdiri dari 130 anggota polisi, 15 TNI, personel kesehatan, 13 Satpol PP, 10 PMI, Dishub 10 personel, dan Orari 15 personel.

“Kemudian untuk pos pam tegalombo ada juga BPBD, jasamarga, PUPR yg memantau daerah rawan longsor di jalur masuk Pacitan dari arah Ponorogo. Di situ disiapkan juga alat berat, jadi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana longsor rekan-rekan yang ada disana siap terjun langsung membantu," terang AKP Siswoyo.

Pos-pos pelayanan akan mulai beroperasi aktif dari tanggal 28 April – 9 Mei. Upaya yang dilakukan semuanya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan.

"Rekan-rekan lalu lintas telah berkoordinasi pada titik blackspot dan troublespot. Kita nanti ada mekanisme sendiri disana. Pos ini akan beroperasi 12 jam, yang masuk jaga kita bagi jadi 3 regu untuk masuk sip kerja bergantian," ujar AKP Siswoyo.

Editor: Amirudin Zuhri
Bagikan

RELATED NEWS