Prihatin Soal Pernikahan Dini, Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Sabet Prestasi

AZ - Selasa, 29 Oktober 2019 20:42 WIB
Nasikhun Amin saat menerima penghargaan juara undefined

Nasikhun Amin, mahasiswa STKIP PGRI Pacitan meraih juara I Bedah Kasus pada lomba yang bertajuk Temu Generasi Muda Peduli Kependududkan oleh BKKBN Jawa Timur, 23-24 Oktober 2019.

Dalam acara yang digelar di Harris Hotel & Convention Riverside Jl. A. Yani, Polowijen, Blimbing Kota Malang itu, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan ini mampu mengungguli peserta dari UNAIR (Juara II), UNESA (Juara III), Universitas Negeri Malang (Harapan I), Universitas Bojonegoro (Harapan II).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 11 perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependudukan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta di wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependududkan dalam program kerjanya harus mampu berkolaraborasi dengan organisasi yang mempunyai kepedulian yang sama dengan masalah kependudukan, misalnya dengan Insan GENRE (Generasi Berencana) dari BKKBN, sekolah, dan karang taruna” ucap Nasikhun Amin kepada Halopacitan Selasa (29/10/2019).

Unit Kegiatan Mahasiswa Kependudukan STKIP PGRI Pacitan telah melakukan sosialisasi pernikahan dini ke masyarakat “Belum lama ini kami melakukan sosialisasi ke Dusun Kaliogan Tegalombo dengan pesertanya pelajar SMP, SMA/SMK, Karang Taruna dan tokoh masyarakat. Dalam acara tersebut juga kita berikan materi kewirausahaan” kata Nasikhun Amin.

“Pernikahan anak dan pernikahan dini sangat merugikan karena selain secara fisik dan mental belum siap untuk menjalani perkawinan, rata-rata pelaku pernikahan dini akan putus sekolah sehingga berpengaruh pada masa depannya. Lingkungan pergaulan sangat berpengaruh pada tingginya pernikahan dini, sehingga generasi muda harus peduli dan berperan aktif dalam sosialisasi pencegahan pernihakan dini serta mampu menciptakan lingkungan yang sehat bagi rekan-rekan muda” ucap Nasikhun.

Putra dari pasangan Istamar dan Tumini yang juga alumni SMK Negeri Kebonagung ini sangat menyukai organisasi. Selain sebagai Ketua Promosi, Advokasi dan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) di UKM Kependudukan, juga mengikuti kegiatan Pramuka, Insan Genre (Generasi Berencana) Pacitan juga anggota Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Pacitan.

“Saya suka berorganisasi, karena akan menambah wawasan dan ilmu kita terus berkembang, pergaulan dan cakrawala luas, salah satu sisi positifnya lagi saya bisa ikut berperan serta dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat seperti kegiatan pencegahan pernikahan dini seperti sekarang ini” ucap Nasikhun Amin.

“Rencanakan kehidupan kita. Jangan sampai kesenangan sesaat membuat kita harus menanggung beban yang merugikan dan menghapus masa depan kita” kata Nasikhun Amin berpesan untuk anak muda Pacitan.

Bagikan

RELATED NEWS