Rela Begadang Demi Kualitas Sperma Sapi

Amirudin Zuhri - Minggu, 16 Januari 2022 19:29 WIB
Penuangan Nitrogen Cair untuk merawat kualitas sperma sapi (Pemkab Pacitan)

PACITAN- Untuk menjaga kualitas semen (sperma) sapi sebagai kunci keberhasilan proses Inseminasi Buatan (IB) petugas di Kabupaten Pacitan, pada Sabtu (15/01/2022) harus rela begadang.

Sejak pukul 01.00 WIB dini mereka melakukan pembagian atau lebih sering disebut tuang Nitrogen Cair (N2 Cair). Kegiatan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tersebut diawasi langsung drh. Kus Handoko, pengawas bibit ternak dan didampingi Muhtar Budi Hartono.

Nitrogen cair merupakan nitrogen dalam keadaan cair suhu pada suhu yang rendah, suhu N2 cair mencakup -196°C, dan diproduksi dengan distilasi fraksional dari udara cair, bentuk fisik nitrogen cair adalah bening tidak berwarna dan tidak berbau serta digunakan sebagai media pengawet sel reproduksi (sperma dan sel telur) dan juga bisa untuk pengawetan sampel.

Nitrogen Cair sangat dibutuhkan para Inseminator dalam pengawetan semen. Pengawetan atau preservasi semen adalah upaya memperpanjang daya hidup dan fertilisasi spermatozoa sehingga masa pakai semen tersebut dapat lebih lama.

"Acara tuang N2 cair adalah agenda rutin 2 minggu sekali, bertujuan menjamin kualitas mutu semen pada inseminator khususnya di wilayah Kabupaten Pacitan, adanya bibit yang baik diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan IB sehingga angka populasi ternak sapi mampu meningkat khususnya di Kabupaten Pacitan, dengan meningkatnya populasi diharapkan dapat mendongkrak perekonomian para peternak." Kata Kus Handoko.

RELATED NEWS