Relawan Kampung Siaga Bencana Jatisari Pacitan Lakukan Fogging

Amirudin Zuhri - Rabu, 15 Desember 2021 11:02 WIB
Relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Jatisari Pacitan melakukan fogging di Dusun Krajan Kulon (Istimewa)

PACITAN- Relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Jatisari Pacitan melakukan fogging di Dusun Krajan Kulon, Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Selasa (14/12/2021). Hal itu dilakukan dengan tujuan memutus meningkatnya angka warga terpapar demam berdarah.

Ketua KSB Jatisari Pacitan, Munparid mengatakan, fogging itu dilaksanakan melalui koordinasi antara komponen masyarakat, Pemerintah Desa Jatimalang, dan relawan.

“Kegiatan fogging ini kami lakukan di dua dusun yang meliputi beberapa RT dan RW. Alhamdulillah dapat dilaksanakan dengan baik,” ucap pria yang akrab dipanggil Mbah Farid tersebut.

Dia menjelaskan, wabah demam berdarah ini menyerang warga sejak awal November 2021, tetapi penanggulangan dengan metode fogging baru bisa dilakukan kali ini.

“Jumlah warga yang terjangkit demam berdarah mencapai 17 orang dan menjalani opname di Puskesmas Arjosari. Alhamdulillah mereka sudah dinyatakan sembuh oleh pihak Puskesmas,” terangnya.

Sembari melakukan fogging, KSB Jatisari juga memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Harapan kami agar masyarakat sadar betapa pentingnya kebersihan dan mulai membiasakan hidup bersih, serta budayakan bersih dan sehat dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya,” harapnya.

Mbah Farid juga mengimbau kepada warga, ketika ada gejala demam berdarah yang dirasakan, hendaknya segera periksakan diri agar dapat tertangani sejak dini.

RELATED NEWS