Resmikan Pujasera Ok Oce Ina Makmur, Sandiaga Dorong Ekonomi Kreatif di Pacitan

Dias Lusiamala - Minggu, 13 Maret 2022 11:35 WIB
Sandiaga Uno menyapa peserta Ok Oce Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif (ekraf) secara lebih komprehensif di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Salah satunya melalui partisipasi dalam uji petik penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif Indonesia (PMK3I) untuk mengidentifikasi subsektor ekonomi kreatif unggulan sebagai lokomotif utama dalam mengembangkan subsektor ekonomi lainnya.

"Diharapkan Kabupaten Pacitan dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Dan adanya KaTa Kreatif (Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia) ini kita harapkan dapat menghadirkan produk ekonomi kreatif unggulan," ujarnya dalam workshop "KaTa Kreatif" di Pacitan Sabtu 12 Maret 2022.

Workshop tersebut merupakan salah satu program yang diupayakan untuk meningkatkan kualitas pelaku ekonomi kreatif sekaligus produknya.

Lebih lanjut, ia mendorong peningkatan kualitas kerajinan kriya di Pacitan, yakni gerabag dan batu mulia yang dianggap sebagai produk khas unggulan daerah itu guna menyongsong ekonomi baru pasca pandemi COVID-19 yang mengedepankan konsep digitalisasi.

"Potensi kerajinan ini dapat terus diperluas dengan dukungan pemasaran yang baik serta peningkatan kualitas dari produk yang dihasilkan. Pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas," ujar Menparekraf.

Pada kunjungannya ke Pacitan, Sandiaga Uno juga memberikan bantuan On The Spot dan bantuan modal kerja

Menurut Sandiaga bantuan On The Spot dan modal kerja adalah bagian dari kebangkitan ekonomi serta gerak cepat pemerintah yang hadir untuk masyarakat.

Ok Oce Ina Makmur

Sandiaga kemudian juga meresmikan Pujasera Ok Oce Ina Makmur di Desa Tanjungsari. Agung selaku korda Pacitan Ok Oce Ina Makmur mengatakan bahwa setingkat Pujasera sepertinya ini baru pertama kali yang diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif hal ini menjadi sebuah langkah awal untuk para binaan UMKM Oke Oce pacitan agar bisa menjadi semangat untuk terus berwirausaha.

Pujasera yang dikelola oleh Ok Oce Ina Makmur Pacitan menampung kurang lebih sekitar 20 tenant UMKM dengan berbagai macam produk mulai dari snack, minuman dan Craf. Dengan adanya Pujasera di Desa Tanjungsari Pacitan ini diharapkan menjadi pusat ekonomi baru di Kabupaten Pacitan.

RELATED NEWS