Rumah BUMN Pacitan Terus Dorong  UMKM Pacitan Masuk Dunia Digital

Dias Lusiamala - Senin, 08 Agustus 2022 09:55 WIB
Pelatihan UMKM oleh Rumah BUMN Pacitan (Ist)

PACITAN– Untuk menggerakkan perekonomian melalui penguatan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Rumah BUMN Pacitan binaan PLN menggelar pemdampingan kegiatan sosialisasi aplikasi pada UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Kegiatan diikuti oleh 50 UMKM di Kabupaten Pacitan pada Sabtu 6 Agustus 2022 dan diisi pemateri CEO dan CFO Muda Rumah BUMN Jawa Timur. Melalui kegiatan harapannya minat pelaku UMKM untuk memperluas pasar penjualan melalui situs belanja digital.

Fasilitator Rumah BUMN Pacitan, Rinawati, menyampaikan pemanfaatan marketplace BUMN ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan pelaku UMKM dan memperluas akses pada sektor pemerintah dan BUMN.

Tak hanya itu, produk UMKM ini nantinya bisa diakses melalui PLN Marketplace melalui aplikasi PLN Mobile.

“Peluang yang sangat besar untuk pelaku usaha atau umkm agar produk produk yang dihasilkan bisa di lirik BUMN di Indonesia. Transaksi juga mudah dan aman,” kata Rina.

Tidak hanya memberikan pelatihan terkait penggunaan pasar digital, Rumah BUMN Pacitan yang telah berdiri sejak Oktober 2019 secara rutin juga memberikan pendampingan bagi UMKM dalam membangun usaha menjadi lebih maju termasuk dengan pendampingan dalam izin usaha, sertifikasi, penyediaan tempat untuk pemasaran dan konsultasi usaha.

“Jika ada UMKM yang butuh melakukan foto produk untuk dipasarkan secara digital juga bisa dilakukan di Rumah BUMN. Ada pula kegiatan pameran/bazar yang rutin kami adakan untuk mengenalkan produk-produk UMKM menembus pangsa pasar yang lebih luas,” kata Rina.

Editor: Amirudin Zuhri
Tags UMKMRumah BUMNBagikan

RELATED NEWS