Saat Mas Bupati Menjadi Guru SD

Amirudin Zuhri - Rabu, 24 November 2021 17:39 WIB
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat mengajar anak-anak SD (Humas Pemkab Pacitan)

PACITAN-Meski telah menjadi orang nomor satu di Pacitan, Bupati Indrata Nur Bayuaji ini tetap tidak bisa melepaskan dirinya dari jiwa pendidik. Bupati muda in tampak terampil dan luwes ketika tiba-tiba menjadi guru sekolah dasar.

Hal itu tampak saat Mas Aji, demikian dia biasa disapa. berkesempatan menjadi guru di selamelakukan pemantauan pelaksanaam Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SD. Aji memberikan pelajaran singkat untuk siswa kelas V SDN Pacitan yang langsung disambut dengan riang oleh anak-anak.

“Teringat masa lalu ketika mengajar di TK, perasaan senang itu pasti ada cuma memang TK dan SD itu berbeda tapi dasarnya sama. Sebelum ke SDM dan sebagainya, dasarnya harus mempunyai kecintaan terhadap anak,” ungkap Mas Aji, Rabu 24 November 2021.

Cinta dan senang kepada anak didik menurutnya sangat penting karena dengan cinta dan keikhlasan inilah guru akan mudah menghadapi metode apapun yang akan diberikan kepada siswa. Terlebih ditengah kondisi pandemi seperti saat ini guru dituntut kreatif dan inovatif demi tanggung jawabnya mencerdaskan anak bangsa.

Bupati Indrata Nur Bayuaji didampingi Kepala Dinas pendidikan Daryono, memantau pelaksanaan ANBK jenjang Sekolah Dasar dibeberapa lembaga sekolah di Pacitan. Secara umum menurut Bupati, pelaksanaan berlangsung baik meski diakuinya ada beberapa potensi kendala teknis. Semisal, gangguan listrik atau jaringan internet yang belum merata. Namun demikian persoalan tersebut sudah bisa tertangani dengan baik.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan informasi akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Editor: Amirudin Zuhri
Tags Gurubupati pacitanBagikan

RELATED NEWS