Sambut Iduladha, Masjid Agung Darul Falah Lakukan Sejumlah Persiapan

Amirudin Zuhri - Kamis, 30 Juni 2022 12:14 WIB
Masjid Agung Darul Falah (Dok.Halopacitan)

PACITAN-Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah jatuuh pada Minggu 10 Juli 2022. Masjid Agung Darul Falah Pacitan pun telah melakukan beberapa persiapan.

Menurut pengurus Masjid Agung Darul Falah Pacitan, Akrobin (52) persiapan yang dilakukan adalah membersihkan lingkungan masjid.

“Sejauh ini persiapan yang kami lakukan baru sebatas bersih-bersih lingkungan Masjid Agung untuk selebihnya belum ada,” kata Akrobin, Rabu (29/07/2022).

Mengingat pelaksanaan salat Iduladha dipending selama Pandemi Covid 19, maka pihak Masjid Agung Darul Falah Pacitan berupaya memaksimalkan persiapan dengan fasilitas yang ada.

“Karena 2 tahun lalu kita terkendala adanya penyekatan Pandemi Covid-19, jadi ini pertama kalinya kita merasakan pelonggaran. Untuk menyambut Iduladha tahun ini pasti kami akan persiapkan kebersihan dan fasilitas pendukung masjid agar maksimal,” terang Akrobin.

Selain itu, Akrobin pastikan pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriyah di Masjid Agung Darul Falah berjalan dengan lancar.

“Intinya kami maksimalkan persiapan seperti tempat penyembelihan kurban sambil menunggu kepastian tanggal dari pemerintah,” jelas Akrobin.

Informasi tambahannya, dikabarkan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana akan Salat ied di Masjid Agung Darul Falah Pacitan.

Pelaksanaan Iduladha tidak akan serempak di Indonesia. Hal ini setelah Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijah jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022. Sementara Kementerian Agama menetapkan pada 10 Juli.

RELATED NEWS