SD Nuril Islam Wisuda 22 Siswa

Dias Lusiamala - Jumat, 03 Juni 2022 10:40 WIB
Wisuda SD Nuril Islam (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Sebanyak 22 siswa kelas VI Sekolah Dasar Nuril Islam (SD Nuris) Pacitan, Jawa Timur resmi diwisuda, Rabu (1/6/2022) malam.

Kepala SD Nuris Pacitan, Muhammad Khoirul Anam mengatakan, para siswa tersebut sudah dibekali dengan dasar keagamaan dan ilmu pengetahuan yang cukup. Sedangkan separuh dari lulusan itu berencana melanjutkan ke pondok pesantren.

“Alhamdulillah tahun ini SD Nuris meluluskan 22 siswa. Kalau di sini disebut santri. Karena 50 persen dari mereka akan mondok di pondok pesantren,” kata Khoirul Anam saat dihubungi, Rabu (2/6/2022).

Sistem pembelajaran lembaga yang ada di bawah naungan LP Ma’arif NU itu mengkolaborasikan materi dari Dinas Pendidikan (Dindik) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT).

“Selain memakai kurikulum umum, kami juga menyelenggarakan pembelajaran diniyah seperti yang diterapkan di masyarakat dengan penguatan Ahlussunnah Wal Jama’ah,” Ungkap Khoirul Anam.

Selain itu, Khoirul Anam juga berpesan kepada para wisudawan untuk terus merawat ilmu yang sudah diberikan dan mengamalkannya sebagai bekal ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Berdasarkan hasil ujian munaqosah, murid-murid harus bisa mengamalkan. Dan orang tua juga perlu untuk terus mendampingi,” jelas Kepala SD Nuris Pacitan Muhammad Khoirul Anam.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Ketua PCNU Pacitan KH Mahmud yang juga menekankan agar SD Nuris ke depannya lebih bisa mengaplikasikan sistem sekolah merdeka belajar agar kreativitas siswa terus berkembang.

“Para pendidik harus mampu menerapkan merdeka belajar supaya anak lebih kreatif dan tidak takut terhadap regulasi yang terdahulu, salah satu hal yang harus dilakukan yaitu dengan menyederhanakan kurikulum yang ada,” kata Mahmud dalam sambutan singkatnya.

RELATED NEWS