SD Pacitan, Pilot Project Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Anak Usia 6-11 Tahun

Rahmat Deny - Kamis, 16 Desember 2021 14:48 WIB
SDN Pacitan Jadi Pilot Project Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Anak Usia 6-11 Tahun

Vaksinasi COVID-19 terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Pacitan. Kali ini sasarannya adalah anak usia 6-11 tahun setelah adanya keputusan resmi dari Kementrian Kesehatan tentang vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Lounching vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di SDN Pacitan dengan menyasar 30 anak.

Perlu diketahui berdasarkan keputusan pemerintah pusat, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini rencananya akan dilakukan selama 25 hari dengan menyasar 42444 anak, baik di lembaga sekolah negeri maupun madrasah. Sebagai tanda pengenal karena mereka belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) diganti dengan Kartu Keluarga (KK)

Anak-anak usia Sekolah Dasar di SDN Pacitan sebanyak 30 orang tersebut mendapatkan vaksin sinovac. Hal ini dilakukan setelah sebelumnya BPOM telah mengijinkan penggunaan vaksin Covid-19 produksi PT biofarma sinovac.

Pacitan menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang diprioritaskan Provinsi Jawa Timur untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama dilaksanakan kemarin, Rabu tanggal 15 Desember 2021.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji dan Buda PAUD Kabupaten Pacitan, Evi Suraningsih. Dalam sambutannya Bupati Aji menyampaikan, “Di usia tersebut kita target 42444 sasaran dari 528 jumlah lembaga sekolah SD/MI. Kita punya target 25 hari kalau bisa diselesaikan untuk dosis pertama. Tentu itu butuh kerja bareng Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Semoga ketersediaan vaksin stabil sesuai target sasaran.”

Saat ini Dinas Kesehatan sudah melakukan pemetaan anak anak yang akan di vaksin serta jadwal pelaksanaan termasuk lokasi. Diharapkan dengan tuntasnya vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut Pembelajaran Tatap Muka bisa segera di laksanakan dengan kapasitas 100 persen.

Editor: Redaksi

RELATED NEWS