20.000 Dosis Vaksin COVID-19 Bantuan Keraton Kasunanan Surakarta Sasar Masyarakat Pacitan

Rahmat Deny - Rabu, 27 Oktober 2021 05:49 WIB
Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono bersama Bupati Pacitan Meninjau Kegiatan Vaksinasi COVID-19 di Gedung Karya Dharma Pacitan (Kominfo Pacitan)

PACITAN-Upaya percepatan vaksinasi COVID-19 terus dilakukan agar segera terbentuk herd immunity. Keraton Kasunanan Surakarta Hadinigrat menggelar vaksinasi di Kabupaten Pacitan hari Selasa Kemarin hingga hari ini (Rabu), tanggal 26 dan 27 Oktober 2021. Bukan saja di Pacitan tetapi kegiatan vaksinasi dari Keraton Kasunanan Surakarta yang mendapatkan dukungan dari Salim Group tersebut juga akan digelar di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Koordinator pelaksana Sentra Vaksinasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, RAy Febri H Dipokusumo mengatakan setelah sukses menggelar vaksinasi COVID-19 yang diikuti para abdi dalem Keraton dan masyarakat umum di wilayah Solo dan sekitarnya, ternyata muncul permintaan untuk ikut memfasilitasi kegiatan vaksinasi bagi abdi dalem di daerah yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Setelah vaksinasi abdi dalem di Keraton, muncul animo dari abdi dalem yang lain di luar Kota Solo. Atas inisiatif langsung dari Sinuhun Pakoe Boewono XIII bersama Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono,menanggapi permintaan dari daerah lain tersebut, pihak Keraton memfasilitasinya dengan supoort dari Salim Group”, ungkap RAy Febri H Dipokusumo, selaku Koordinator pelaksana Sentra Vaksinasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lebih lanjut Febri menyampaikan bahwa dalam kegiatan yang diselenggarakan Selasa-Rabu, 26-27 Oktober 2021 ini telah disiapkan 20 ribu dosis vaksin. Vaksinasi akan digelar di sejumlah titik dengan melakukan jemput bola ke masyarakat.

“Pola yang diakukan adalah dengan menuju 30 titik vaksinasi yang ada di desa-desa di Kabupaten Pacitan. Kita menggelar di desa-desa karena jarak jagkaunya itu jauh dari titik kota dan animo masyarakatnya yang tinggi. Kegiatan vaksinasi ini diharapkan dapat ikut membantu percepatan target vaksinasi di Kabupaten Pacitan yang masih di angka 50 persen”, jelasnya.

Perlu diketahui bahwa sebelum melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Pacitan, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bersama Salim Group telah menggelar vaksinasi di Kabupaten Ponorogo. Vaksinasi dosis pertama telah berlangsung 12-13 Oktober 2021, dengan kuota 20 ribu dosis vaksin. Selain itu, sebelumnya kegiatan serupa juga dilakukan di lingkungan Keraton yang dipusatkan di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo.

“Total sementara kegiatan vaksinasi yang difasilitasi Keraton Surakarta itu sudah mencapai 60 ribu dosis, termasuk Pacitan”, tegasnya.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas bantuan vaksin dari Keraton Surakarta.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gusti Ratu yang sudah peduli dengan Pacitan dengan memberikan bantuan vaksinasi yang isnyaallah ada 20 ribu dosis vaksin, mudah-mudahan dapat berjalan lancar”, ucap Bupati Pacitan, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Karya Dharma bersama rombongan GKR Pakoe Boewono Prameswari Dalem, Selasa, (26/10/2021).

Editor: SP

RELATED NEWS