Seberat 300 Kg, Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Ditangkap di Sungai Mekong

Amirudin Zuhri - Rabu, 22 Juni 2022 10:08 WIB
Ikan pari yang ditangkap di Sungai Mekong Kamboja (Wonders of the Mekong)

PHNOM PENH-Seekor ikan yang ditangkap di Sungai Mekong disebut sejumlah ilmuwan sebagai ikan air tawar terbesar yang pernah didokumentasikan.

Ikan pari seberat 300 kg ini menggeser pemegang rekor sebelumnya yang dipegang ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kg yang ditangkap di Thailand pada tahun 2005. Namun tidak ada pencatatan resmi atau database ikan air tawar terbesar di dunia.

"Dalam 20 tahun meneliti ikan raksasa di sungai dan danau di enam benua, ini adalah ikan air tawar terbesar yang kami temui atau yang telah didokumentasikan di mana pun di seluruh dunia," kata Zeb Hogan, ahli biologi yang memimpin Wonder of The Mekong. Sebuah lembaga yang dibiayai USAID.

"Menemukan dan mendokumentasikan ikan ini luar biasa, dan merupakan harapan positif terlebih karena itu terjadi di Mekong, sungai yang saat ini menghadapi banyak tantangan," tambah Dr Hogan, yang juga profesor di Universitas Nevada.

Sungai Mekong kaya akan keanekaragaman hayati tetapi penangkapan ikan yang berlebihan, bendungan, dan polusi mengancam ekosistemnya yang rapuh. Sungai ini mengalir dari Dataran Tinggi Tibet melalui China , Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.

Pada 13 Juni 2022, seorang nelayan lokal di pulau Koh Preah menelepon untuk memberi tahu para peneliti bahwa dia telah menangkap ikan pari yang sangat besar. Setelah diukur ikan memiliki panjang 3,98m dan lebarnya 2,2m.

Setelah dipasangi label akustik untuk melacak pergerakannya di masa depan, ikan pari itu dilepaskan kembali ke sungai. “Ikan menghilang ke perairan berlumpur Mekong sekitar senja ketika bulan sudah naik di langit, “ kata Dr Hogan.

Dalam bahasa Khmer setempat, ikan itu disebut "Boramy", yang berarti bulan purnama. "Temuan ikan pari adalah bukti alam masih dapat menghasilkan penemuan baru dan luar biasa, dan banyak dari makhluk air terbesar masih sangat kurang dipelajari," kata Dr Hogan.

Ikan pari air tawar raksasa adalah spesies yang terancam punah. Ini adalah ikan pari raksasa kedua yang diperiksa oleh tim sejak Mei. Ikan sebelumnya memiliki berat 181kg.

"Ketika rekor ikan ditemukan, itu berarti lingkungan perairan masih relatif sehat. Ini berbeda dengan apa yang kami lihat di tempat-tempat seperti Sungai Yantgze, di mana para ilmuwan melaporkan kepunahan paddlefish China," kata Dr Hogan.

Bagikan

RELATED NEWS