Segar Buat Berbuka, Yuk Bikin Es Kuwut

Dias Lusiamala - Selasa, 19 April 2022 14:00 WIB

PACITAN-Berbuka dengan makanan yang manis menjadi salah satu sunah di bulan Ramadan. Salah satu tujuannya adalah membantu mengembalikan tenaga setelah seharian penuh berpuasa.

Minuman manis mengandung glukosa yang selanjutnya diolah tubuh untuk membentuk sistem energi. Output dari proses sistem energi menghasilkan sumber tenaga untuk siap digunakan beraktivitas.

Kolaborasi minuman berasa manis dan dinginnya kesegaran es memang selalu menggoda. Membayangkannya saja sudah terasa segar.

Salah satu minuman yang jadi primadona di bulan Ramadan, karena memiliki kesegaran dan manis sedikit asam dari perasan jeruk nipis adalah es kuwut. Manis dan asam segar, begitu kata yang bisa menjelaskannya.

Manis didapatkan dari gula sirup dan melon atau timun suri serta serutan kelapa muda, asam segar dari jeruk nipis dan es. Bahan yg tak ketinggalan ialah bahan makanan yg mengandung zat besi guna memproduksi sel darah merah, yaitu biji selasih.

Pelaku UMKM pun beride kreatif menjadikan es kuwut sebagai menu yang dijual untuk segeran buka puasa. Seperti halnya Kholifatul Munawaroh berjualan di Dusun Semo Arjosasi. Kholifatul awalnya berjualan pecel lele, namun selama ramadan Kholifatul menjual es kuwut disandingkan dengan menu pecel lele. Harga jual paketan nasai pecel lele dan es kuwut dibanderol Rp15,000. Namun, bila beli es kuwutnya saja juga bisa cukup dengan Rp5,000 saja.

"Dapat ide jualan dari tiktok, keliatannya seger selain itu bahannya mudah dicari cara buatnya juga gampang," kata Kholifatul (18/04/2022)

Warga desa sekitar sudah kerap langganan beli es kuwut di tempat Kholifatul. Mereka beli karena rasa es kuwut buatan Kholifatul memiliki rasa segar , manis dan asam campur menjadi rasa yang pas.

Cara membuat minuman khas bali ini tergolong mudah. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

  1. Kelapa muda
  2. Melon (bisa diganti timun suri)
  3. Biji selasih
  4. Sirup rasa leci
  5. Jeruk nipis
  6. Es
  7. Air mineral

Cara membuat:

  1. Serut buah melon/timun suri dan kelapa muda;
  2. Siapkan es dalam wadah;
  3. Masukkan buah melon/timun suri dan kelapa muda yg sudah diserut serta biji selasih kedalam wadah yg berisi es;
  4. Tuangkan air mineral dan sirup leci kedalam wadah;
  5. Masukkan irisan jeruk nipis dan aduk hingga merata;
  6. Es kuwut siap dinikmati
Editor: Amirudin Zuhri

RELATED NEWS