Segera Ubah Gaya Hidup Jika Ingin Semua Utang Lunas

Amirudin Zuhri - Jumat, 18 Maret 2022 11:20 WIB
Inilah Perubahan Gaya Hidup yang Harus Diterapkan Agar Semua Utang Anda Lunas (Freepik.com/Drobotdean)

JAKARTA - Utang memang kerap menjadi masalah banyak orang. Hal ini karena adanya utang maka Anda harus selalu menyisihkan uang setiap bulan untuk melunasi tagihan utang tersebut.

Mungkin sebelumnya Anda memang berhasil mengurangi beberapa pengeluaran tertentu untuk melunasi utang yang ada. Akan tetapi, ada kalanya utang justru menumpuk dan mau tidak mau Anda harus melakukan perubahan gaya hidup untuk bisa melunasi semua utang.

Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang harus Anda lakukan agar semua utang jadi lunas. Demikian dikutip dari laman resmi

Kurangi Pemakaian Kendaraan Pribadi

Memiliki mobil pribadi mungkin akan membuat hidup Anda jadi lebih mudah. Akan tetapi, kemudahan yang diberikan tentu diiringi dengan biaya perawatan kendaraan yang tinggi.

Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi atau mengurangi jumlah kendaraan pribadi dengan menjualnya akan secara drastis mengurangi biaya transportasi Anda. Selain itu, Anda tentu mendapatkan manfaat tambahan dari olahraga jika Anda memilih untuk berjalan kaki atau bersepeda.

Jika Anda tidak bisa tidak menggunakan kendaraan pribadi, mungkin Anda bisa memilih opsi berhemat. Contohnya dengan tukar tambah kendaraan Anda untuk mendapatkan kendaraan yang lebih hemat bahan bakar serta biaya perawatannya kecil.

Pindah ke Rumah yang Lebih Kecil

Jika Anda ingin memaksimalkan anggaran rumah, Anda bisa pindah ke rumah yang lebih kecil karena harganya tentu lebih murah. Rumah yang kecil tentu biaya perawatannya lebih rendah daripada rumah yang besar. Selain itu, Anda tentu jadi tidak ingin membeli banyak barang di rumah karena hanya akan membuat rumah jadi semakin sempit.

Sesuaikan Kehidupan Sosial Anda

Aktivitas bersama teman atau rekan kerja seperti kumpul di kafe untuk bekerja atau sekedar berbincang bersama memang menyenangkan. Akan tetapi, aktivitas tersebut ternyata justru menyedot pengeluaran yang cukup besar. Jika Anda sedang berusaha melunasi utang, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengurangi kegiatan tersebut agar lebih hemat.

Manfaatkan Waktu dengan Baik

Saat ini, ada banyak cara untuk menghasilkan uang tambahan. Anda bisa memberi tumpangan kepada orang lain dengan menjadi driver online, menyewakan rumah kepada turis, atau melakukan review produk secara online. Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang Anda untuk belajar keterampilan baru yang akan meningkatkan nilai jual Anda agar mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Fokus pada Utang

Mungkin sebelumnya ANda tidak terlalu fokus untuk melunasi utang. Hal tersebut mungkin berdampak terhadap kacaunya manajemen keuangan Anda.

Oleh karena itu, saat ini sebaiknya Anda harus fokus untuk melunasi utang dengan cepat. Anda mungkin memerlukan spreadsheet atau membuat daftar untuk menghitung berapa banyak uang yang perlu Anda sisihkan agar utang Anda segera lunas.

Dengan mengetahui seberapa banyak uang yang Anda butuhkan, Anda juga jadi semakin fokus mencari uang tambahan.

Editor: Amirudin Zuhri
Bagikan

RELATED NEWS