Sejumlah Wisata Alam dan Pantai di Pacitan Mulai Dibuka, Tetapi Belum untuk Wisata Goa dan Pemandian Air Hangat

Halo Wisata 28 Agt 2020, By Rahmat DS
Sejumlah Wisata Alam dan Pantai di Pacitan Mulai Dibuka, Tetapi Belum untuk Wisata Goa dan Pemandian Air Hangat (halopacitan/istimewa)

Sertifikat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) fase Simulasi diserahkan pada pengelola wisata Pantai Banyu Tibo, Buyutan, Srau, Ngiroboyo, Taman, Sungai Maron dan obek Wisata Alam Sentono Genthong. Fase simulasi beberapa objek wisata Pacitan tersebut menyusul tempat wisata yang lain yang telah menerima sertifikat AKB dan saat ini masuk dalam fase uji coba, yaitu Pantai Soge, Pidakan, Watubale, Klayar, Watukarung dan Pancer Door.

 

Tahap uji coba  yang akan berlangsung hingga akhir Desember 2020 tersebut menandakan sejumlah objek wisata tersebut sudah dapat dikunjungi wisatawan dari luar Pacitan. Kebijakan tersebut bukan lantas tanpa tantangan, berbagai kemungkinan sudah dipertimbangkan masak-masak.

  1. Andi Faliandra Kepala Disparpora Pacitan mengaku tantangan utama adalah kedisiplinan dari petugas dan pengelola. Karena salah sedikit bukan tidak mungkin malah mengundang lahirnya kluster baru. Sedang data yang ada 30 persen pengunjung diakuinya belum taat protokol kesehatan (Dilansir dari laman pacitan.kab.go.id)

Andi juga menyampaikan terkait 3 destinasi wisata yang belum bisa dibuka lantaran mempunyai angka risiko lebih tinggi ketimbang objek lain. Ketiga objek wisata tersebut adalah Pemandian Air Hangat, Goa Gong dan Goa Tabuhan. “Kita membutuhkan mekanisme protokol kesehatan khusus,” ungkap Andi.

 Bupati Pacitan, Indartato yang hadir didampingi jajaran Satgas (TGTP) mengaku bersyukur, karena Kabupaten Pacitan memiliki pengelola dan petugas yang kaya terhadap inovasi dengan penuh kedisiplinan.

Ia mengaku secara diam-diam Bupati mencoba masuk ke objek Pantai Pancer Door, ternyata kedatangannya tersebut ditolak oleh petugas, lebih-lebih supirnya mengaku dari Kota Bandung. Barulah ketika ia membuka jendela mobil petugas tersebut menyadari dirinya tengah dites langsung oleh Bupati. “Kedisiplinan Mereka perlu kita dukung bersama,” kata Bupati dihadapan undangan yang hadir di Destinasi Alam Sentono Genthong, Pringkuku, tempat penyerahan sertifikat AKB.

 

undefined

SP