Sekilas Mengenal Wilayah Mataraman Jawa Timur

Amirudin Zuhri - Senin, 31 Januari 2022 11:44 WIB
Jalur LIntas Selatan Pacitan (Dok Halopacitan)

PACITAN-Kabupaten Pacitan menjadi salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan Mataraman. Sebuah wilayah yang terdiri dari beberapa kabupaten di Jawa Timur.

Istilah Mataraman sendiri merujuk pada suatu wilayah kebudayaan di Jawa Timur yang meliputi bekas wilayah Keresidenan Madiun dan Kediri karena wilayah tersebut pernah dikuasai oleh Kesultanan Mataram.

Keresidenan Madiun terdiri Kota Madiun, Kabupaten Madiun. Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, da Kabupaten Ponorogo

Sementara eks Keresedenan terdiri dari Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk (dulu dikenal sebagai Kabupaten Berbek), Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung.

Kerajaan Mataram Islam yang berpusat di Yogyakarta dan merupakan kelanjutan dari Pajang dalam sejarahnya memang melakukan sejumlah ekspansi ke wilayah Timur.

Sultan Agung dikenal sebagai salah satu raja yang berhasil membawa kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada 1627, tepatnya setelah empat belas tahun Sultan Agung memimpin kerajaan Mataram Islam.

Pada masa pemerintahan Sultan Agung daerah pesisir seperi Surabaya dan Madura berhasil ditaklukan. Pada kurun waktu 1613 sampai 1645 wilayah kekuasaan Mataram Islam meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian Jawa Barat.

Wilayah-wilayah itu kemudian diteruskan oleh kekuasaan Mataram setelah terpecah menjadi dua yakni Solo dan Yogyakarta. Di sejumlah kekuasaan itu kemudian dibantuk wilayah keresedenan.

Setelah Perang Diponegoro atau yang juga dikenal sebagai Perang Jawa berakhir pada pada 1830, Kesultanan Mataram menyerahkan keresedenan tersebut diserahkan kepada pemerintahan Hindia Belanda dari pada tahun 1830. Kemudian pada tahun 1957 pemerintah Republik Indonesia menghapus karesidenan sebagai pembagian administratif negara.

RELATED NEWS