Selain Lezat, Kikil Ternyata Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Amirudin Zuhri - Kamis, 27 Januari 2022 09:51 WIB
Sop Kikil (IG/dapurkajuaramaraja)

PACITAN-Kikil atau tulang rawan yang menyelimuti tulang sapi atau kambing mungkin tidak menjadi pilihan utama banyak orang ketika ingin mengonsumsi makanan dengan menu dari hewan ternak tersebut.

Masih ada bagian daging atau tulang rusuk yang menjadi favorite, tapi tidak dipungkiri kekinin olahan makanan tersebut semakin digemari karena dianggap dapat membuat kulit bagus karena adanya kandungan kolagen yang tinggi.

Untuk itu, yuk kita cari tahu manfaat kikil yang rasanya gurih dengan tekstur kenyal dan lembut.

Kikil sapi diketahui mengandung selenium, yaitu sejenis mineral yang sangat penting untuk membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh yang disebut glutation peroksidase. Enzim ini mampu melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker. Selenium juga penting untuk mempertahankan kekebalan tubuh agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal yaitu dengan merangsang aktivitas sel-sel darah putih dalam tubuh.

Kandungan lain dalam kikil sapi adalah purin, yaitu zat yang akan diproses dalam tubuh untuk menghasilkan asam urat. Kikil juga mengandung kolesterol.

Manfaat kikil untuk kesehatan

1. Mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit. Seperti telah disebutkan, kikil mengandung protein berbentuk kolagen. Kandungan kolagen dalam kikil sapi bersama dengan keratin dan elastin dapat berfungsi membentuk struktur pada jaringan kulit untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.

2. Membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Di dalam kikil sapi terkandung banyak protein hewani dan kalsium. Keduanya mampu membantu proses pertumbuhan sel-sel dalam tubuh serta menjaga tulang tetap kuat, serta mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Mencegah risiko penyakit berbahaya. Seperti telah disebutkan, kikil juga mengandung selenium, sejenis mineral yang penting untuk membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh yang disebut glutation peroksidase. Enzim ini mampu melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker. Selenium juga membantu merangsang pertumbuhan sel-sel darah putih yang sangat penting untuk mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti leukemia.

4. Menghitamkan rambut. Kikil sapi juga dipercaya dapat membantu menghitamkan kembali rambut yang telah memutih atau beruban.

Resep Sop Kikil

Banyak varian menu yang bisa diolah dari kikil sapi atau kambing, namun berikut ini kita coba yang berkuah-kuah ya, sop kikil

Bahan:
250 kikil sapi atau kambing yang sudah direbus sampai empuk
7 siung bawang putih dihaluskan
9 siung bawang merah dihaluskan
1/2 sdm lada bubuk
1 cm jahe di geprek
2 buah tomat sedang dipotong-potong
1/2 sdm garam, gula dan penyedap rasa secukupnya


Cara Memasaknya:

Tumis duo bawang sampai harum, masukan jahe dan kikil sapi, rebus sampai benar-benar empuk.

Setelah benar-benar empuk tambahkan lada bubuk, garam, gula, dan penyedap rasa. Didihkan kembali, koreksi rasa lalu nikmati dengan tambahan nasi putih secukupnya.(ert)

Tulisan ini telah tayang di wongkito.co oleh Nertina pada 27 Jan 2022

Bagikan

RELATED NEWS