IMG-LOGO
Home Halo Berita Semua Harus Bergerak...

Semua Harus Bergerak Melawan Dampak Hepatitis A

Tomi Herlambang - Sabtu, 10 Agustus 2019 pukul 21.52
Deklarasi melawan dampak Hepatitis yang dipelopori Komunitas Mahasiswa Pacitan di Surakarta Sabtu (10/08/2019) Deklarasi melawan dampak Hepatitis yang dipelopori Komunitas Mahasiswa Pacitan di Surakarta Sabtu (10/08/2019) (sumber: Halopacitan/Tomi Herlambang)

Halopacitan, Pacitan—Merebaknya hepatitis A di Pacitan membawa dampak besar bagi masyarakat Pacitan baik yang terjangkit maupun yang tidak. Walaupun saat ini sudah tidak ada lagi kasus baru, efek hepatitis A masih berlanjut. Salah satunya dari turunnya kunjungan wisatawan ke Pacitan secara drastis.

Prihatin atas hal tersebut,  Komunitas Mahasiswa Pacitan di Surakarta (Kompas) mengambil inisiatif untuk mengadakan deklarasi lintas sektoral dan lembaga dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi, penyebaran informasi dan pengetahuan yang lebih jelas tentang kondisi Pacitan yang saat ini sudah terbebas dari hepatitis A.

Deklarasi yang mengambil tema  "Hepatitis Ditangani Pacitan Menuju Zero Hepatitis" dihadiri sekitar 60 orang peserta dari berbagai bidang, lembaga maupun dinas-dinas terkait, deklarasi yang dilaksanakan di Aula Hotel Kampung Pacitan Jl. WR. Supratman, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan Sabtu (10/08/2019).

Danur Suprapto, S.H. selaku penanggung jawab acara dari Kompas berharap hasil dari pertemuan dapat disampaikan ke organisasi masing-masing baik yang ada di luar maupun di Pacitan, juga kepada masyarakat luas bahwa Pacitan sudah aman untuk dikunjungi.

Menurut Danur yang juga ketua Forum Pewarta Pacitan tersebut, sebagian masyarakat luar Pacitan masih takut untuk berkunjung ke Pacitan karena khawatir dengan maraknya virus Hepatitis A yang melanda Pacitan.

“Kita harus sadar ketergantungan Pacitan terhadap wisatawan mulai tinggi, untuk itu sebagai warga Pacitan yang ada di Pacitan maupun di luar harus menjadi agen informasi tentang kondusifnya Pacitan saat ini," jelasnya penuh semangat.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Wawan Kasyanto DCS,   Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, Ketua IDI Pacitan dr. Agus Subiyanto turut memberikan pernyataan terkait kondisi Pacitan saat ini pasca serangan hepatitis A.

Hampir semuanya menyatakan serangan hepatitis A yang terutama terjadi di wilayah timur Pacitan telah tertangani dengan baik. "Kata kunci dari penderita hepatitis A adalah makanan yang sehat dan istirahat yang cukup, jadi jangan terlalu khawatir karena penderita bisa disembuhkan," kata Wawan Kasyanto.

Menyambung penjelasan dari Wawan, dr. Agus Subiyanto menjelaskan hepatitis A adalah penyakit ringan hanya penularannya cepat yang biasanya muncul karena pola makannya tidak sehat dan MKC yang tidak bersih.

Agus juga menjelaskan bahwa masa inkubasi virus hepatitis A berlangsung selama enam minggu, dan virus  bisa menular lewat udara maupun yang lainnya.

Sementara Didik Alih Wibowo, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan menambahkan melalui kegiatan ini semua bisa tahu banyak tentang virus hepatitis A, sehingga bisa bersama-sama mencegah penularannya. Menurutnya dampak virus Hepatitis A sangat besar di luar Pacitan sehingga bisa berdampak pada masyarakat Pacitan terutama dampak sosial, banyak orang yang enggan ke Pacitan karena takut tertular.

"Untuk itu kami minta semua yang hadir untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luar bahwa Pacitan aman untuk dikunjungi dan Pacitan bebas dari virus Hepatitis A," serunya.