Seniman Pacitan Harus Diwadahi untuk Andil dalam Pariwisata

Dias Lusiamala - Sabtu, 21 Mei 2022 14:26 WIB
Anggota DPRD Pacitan, Adi Subroto (kiri) dengan seniman Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Anggota DPRD Pacitan, Adi Subroto mengharapkan agar adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk dapat mewadahi para seniman ikut andil menjadi bagian daya tarik wisatawan.

Menurut anggota Dewan dari Fraksi PKB tersebut, hingga saat ini belum ada seniman di setiap objek wisata yang mengampu khususnya para pelukis maupun hasil karyanya. Misalnya dengan menjadikan karya lukis sebagai oleh-oleh para wisatawan saat berkunjung ke kota 1001 Gua akan menjadi daya tarik tersendiri.

"Metode ini saya kira akan menarik dan tentu sebagai bentuk apresiasi juga kepada para seni lukis. Bisa gambar setiap jengkal keindahan Pacitan," kata Broto, saat ditemui di Galeri seorang pelukis Jumat (20/5/2022).

Dengan tambahan daya tarik itu diyakini akan menciptakan momen indah bagi pengunjung sehingga akan mampu meningatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pacitan. Dengan harapan selain mengangkat ekonomi seniwan juga akan menjadi daya tarik para pengunjung kembali lagi.

"Dengan itu bisa merepro hasil karya sehingga bisa sebagai oleh-oleh wisatawan. Jika memakai kain kanvas yang besar itukan mahal maka bisa melukis dengan kertas, saya yakin nanti itu bisa menjadi daya tarik tersendiri," imbuh Broto.

Terlebih, jika di objek wisata tersebut diadakan acara mengambar bersama setiap hari Minggu misalnya, tentu itu dinilai maksimal dalam mempromosikan tempat wisata. Kedepan akan berimbas kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Program-programnya harus ada terus, jangan sampai berhenti yang kemudian ramainya saat-saat hari besar saja," terang anggota DPRD Pacitan, Subroto.

RELATED NEWS