‘Si Melon Bocor?’ Jangan Panik. Ini Cara Antisipasinya

Halo Berita 15 Sep 2020, By Rahmat DS
‘Si Melon Bocor?’ Jangan Panik. Ini Cara Antisipasinya (halopacitan/istimewa)

Keberadaan tabung gas saat ini menjadi seperti kebutuhan pokok. Hampir di setiap rumah ‘si melon’, berukuran 3 kg tersebut ada. Sedih rasanya di tengah masak tiba-tiba ‘si melon bocor’ atau habis. Kebocoran tabung gas bisa menjadi salah satu pemicu kecelakaan yang fatal. Tidak sedikit kejadian kebocoran gas yang akhirnya memakan korban jiwa.

Padahal, hampir semua orang kini menggunakan tabung gas, namun tidak semua orang tahu bagaimana mengatasi tabung gas yang bocor. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi kebocoran tabung gas di rumah seperti ditulis dilansir dari TrenAsia.com.

Melansir dari 99.co, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi kebocoran tabung gas di rumah.

  1. Hindari kontak listrik dan api

Salah satu ciri tabung gas bocor adalah munculnya suara mendenging dan atau diikuti bau menyengat. Jika tabung gas bocor, pastikan kompor dalam keadaan tidak menyala. Ini penting untuk menghindari api menyulut ledakaan saat tabung gas bocor.

Selain itu, matikan aliran listrik di ruangan tempat gas bocor berada. Sama seperti api, aliran listrik juga berpotensi menyebabkan ledakan dan kebakaran.

  1. Cabut regulator

Setelah memastikan tabung gas tidak berada dekat dengan api dan aliran listrik, segera cabut regulator tabung gas yang terpasang. Lakukan hal ini saat mengetahui tabung gas mengalami kebocoran. Pasalnya, gas yang terkumpul di dalam ruangan juga dapat memicu ledakan dan tentunya berbahaya bagi pernapasan.

  1. Buka ventilasi rumah

Ventilasi rumah yang terbuka akan membantu gas untuk menguap dan tidak berkumpul dalam satu ruangan saja. Jika mungkin, bawa keluar tabung gas ke luar ruangan.

  1. Tutup Tabung dengan Kain Basah

Dalam kondisi tertentu, bisa saja sudah terdapat api kecil di sekitar tabung gas. Meski begitu, usahakan kamu tetap tenang dan tidak panik saat melihat hal ini.

Segera lakukan tindakan tepat untuk mengatasinya. Ambil kain yang terdapat di sekitar dan basahi dengan air.

Kemudian, tutup kain basah pada api dan tabung gas tersebut. Kain basah mampu membuat api padam dan menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas tersebut.

Cara Antisipasi

Cara Mengantisipasi Terjadinya Tabung Gas Bocor

  1. Periksa Regulator

Lakukan pemeriksaan regulator gas secara berkala. Gas keluar terus dari tabung atau bocor dapat disebabkan oleh regulator yang tidak tertutup rapat atau selang yang bolong akibat digigit tikus.

Jika regulator dirasa sudah longgar atau ada bagian yang mulai rapuh, jangan tunda untuk mengganti dengan regulator yang baru.

  1. Bersihkan Regulator

Bersihkan regulator dan selang saat hendak mengganti tabung gas. Selain enak dipandang, keadaan yang bersih dapat membuat tabung dan regulator lebih awet.

  1. Waspada Bau Menyengat

Waspada jika Anda mencium bau gas menyengat. Bau gas yang menyengat dapat menjadi pertanda utama tabung mengalami kebocoran.

Jika ini terjadi, jangan panik dan cobalah untuk tetap berpikir jernih. Jangan lupa untuk menerapkan beberapa hal yang telah disebutkan di atas.

 

undefined

SP