Silakan Pilih, 25 Ide Bisnis Rumahan Menjanjikan di Tahun 2022

Amirudin Zuhri - Selasa, 25 Januari 2022 13:07 WIB

Ilustrasi work from home (WFH) alias bekerja dari rumah. / Pixabay

undefined

JAKARTA – Di tengah zaman yang segalanya serba terdigitalisasi, bukan hal yang mustahil bagi banyak orang untuk menjalankan bisnis rumahan dengan prospek keuntungan yang cukup menjanjikan.

Bisnis rumahan adalah usaha yang dapat diperlakukan sebagai profesi utama maupun sampingan. Disebut sebagai rumahan karena segala operasionalnya bisa dijalankan dengan menjadikan rumah sebagai basis.

Bahkan, ada juga beberapa jenis bisnis rumahan yang tetap bisa berjalan tanpa harus terikat dengan rumah dan bisa dioperasikan dari mana saja sehingga waktu pun bisa menjadi lebih fleksibel.

Kelebihan bisnis rumahan di antaranya adalah biaya operasional yang relatif rendah, dapat dilakukan oleh banyak orang di berbagai jenjang usia, kemungkinan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, dan masih banyak lagi.

Dengan sejumlah kelebihan yang dapat diperoleh, bisnis rumahan pun menjadi model pekerjaan yang diminati banyak orang, apalagi jika usaha yang dijalankan memiliki peluang keuntungan yang besar.

Dikutip dari data yang dihimpun oleh Shopifiy, berikut ini adalah 25 ide bisnis rumahan dengan prospek keuntungan yang cukup menjanjikan di tahun 2022 :

1. Bisnis reseller

2. Menjual produk homemade

3. Bisnis dropship

4. Bisnis print-on-demand

5. Menulis buku

6. Merilis podcast

7. Membuat blog

8. Menjual NFT

9. Bisnis perawatan hewan peliharaan

10. Admin media sosial

11. Menjadi penulis lepas

12. Instruktur fitness virtual

13. Video game streamer

14. Virtual event planner

15. Perancang website

16. Mengajar kursus online

17. Mengubah hewan peliharaan menjadi influencer

18. Desainer freelance

19. Pengembang apllikasi

20. Konsultan bisnis

21. Jasa pembuatan CV dan profil LinkedIn

22. Bisnis catering

23. YouTuber

24. Jasa pembukuan

25. Influencer

Meski 25 ide bisnis di atas dapat memberikan prospek yang cukup menjanjikan, namun perlu dicamkan juga bahwa tidak ada yang bisa menjamin 100% kesuksesan. Pada akhirnya, akan selalu ada banyak faktor yang dapat mendukung kesuksesan setiap pelaku bisnis, seperti konsistensi, komitmen, relasi, ilmu pengetahuan, hingga keberuntungan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 25 Jan 2022

Editor: Amirudin Zuhri
Bagikan

RELATED NEWS