Simak, Ini Tiga Kunci Sukses Ternak Kambing

Dias Lusiamala - Senin, 13 Juni 2022 10:12 WIB
peternak kambing (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Founder Margono Farm Pacitan, Dodik Prahcoyo membeberkan tiga kunci menjadi peternak kambing yang sukses.

"Seorang peternak kambing itu harus memahami tiga hal. Yang pertama, mengetahui segi kesehatan, agar jika kambing sakit bisa mengobati dan melakukan perawatan, kemudian cara pakannya, dan pemasarannya," kata Dodik saat dihubungi, Sabtu (11/6/2022).

Margono Farm sendiri berlokasi di RT 03 RW 03 Dusun Ngandong, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung.

Dodik juga mengajarkan hitung-hitungan perawatan kambing. Salah satu biaya pakan, jika biaya makan kambing lebih dari Rp4.000 per hari maka bisa dipastikan akan mengalami kerugian saat nanti dijual.

"Saya siap mendampingi hingga sukses, ke depan kita buat kelompok ternak kambing. Untuk pasar sangat luas jangan khawatir, berbagai metode nanti saya ajarkan," kata Dodik.

Founder Margono Farm Pacitan, Dodik Prahcoyo /Dias Lusiamala

Mulai dari membuat pakan, manajemen kesehatan dan pemasarannya, akan ditularkan Dodik. Menurut Dodik, saat ini di Sidomulyo, Kalikuning, dan sekitarnya memiliki potensi sangat besar, selain tercukupinya kebutuhan pakan serta 40 % warga di sini memiliki kambing.

"Saya lihat di desa ini memiliki potensi yang besar, tinggal mereka kita bantu bagaimana menjadi perternak kambing tapi menghasilkan uang besar," kata Dodik.

Dodik menawarkan berbagai metode, kedepan masyarakat tinggal pilih metode yang mana. Misalnya ingin hasilnya per hari, 3 bulan atau 1 tahun sekali.

"Kalau setiap hari kambing PE bisa diambil susunya satu liter saja sudah mengahsilkan Rp28.000, jika tiga bulan bisa ternak domba yang bisa dijual dagingnya. Jika tahunan itu bisa kambing Jawa randu," terang Dodik.

Jadi, menurut Founder Margono Farm Pacitan, jika semua peternak kambing saat ini memahami semuanya dari segi kesehatan, pakan dan panjualan, dia yakin akan sukses jadi peternak.

Editor: Amirudin Zuhri

RELATED NEWS