SMKN 3 Pacitan Buka Servis Elektronik Gratis

Dias Lusiamala - Jumat, 12 Agustus 2022 12:33 WIB
Kegiatan siswa SMKN 3 Pacitan (Dok SMKN 3 Pacitan)

PACITAN – Sebagai bagian dari kegiatan peringatan hari kemerdekaan RI ke-77, SMKN 3 Pacitan membuka servis elektronik gratis selama Agustus bagi masyarakat umum.

Selain untuk praktik sekaligus mengasah skill para siswa kelas XII kegiatan ini juga untuk membantu dan lebih mendekatkan sekolah dengan masyarakat.

“Selain mengasah skill dalam dunia elektronika, siswa dilatih cara menjalin komunikasi dengan customer,” kata Aris Santoso, guru jurusan Teknik Audio Video (TAV)Kamis (11/8/2022).

Aris Santoso, mengatakan selama ini siswa telah dibekali mata pelajaran seputar perawatan dan perbaikan peralatan elektronik audio video. Kemampuan para siswa pun semakin baik saat praktik kerja lapangan, karena lebih banyak praktik langsung seperti memperbaiki dan membuat beberapa audio dan video.

TAV (teknik audio video) merupakan program yang menjanjikan. Siswa mendapatkan pembekalan materi dan pelatihan intensif mengundang guru tamu ataupun relawan alumni. Selama ini pun siswa banyak melakukan pelatihan di lingkup internal. Seperti memperbaiki barang elektronik milik guru, orang tua hingga tetangga. Mulai kulkas, magic com, kipas angin dan lain sebagainya. “Ini menjadi peluang bisnis yang prospektif,” kata Aris

Prodi lain Teknik dan Bisnis Sepeda Motor(TBSM) juga mengajarkan siswanya memperbaiki sepeda motor dan memberi layanan servis sepeda motor panggilan . Siswa prodi tata boga juga mendapatkan praktek membuka usaha kuliner di kantin sekolah.

SMKN 3 terus berupaya melatih kecakapan para siswa agar nantinya setelah lulus mudah untuk mencari pekerjaan yang sesuai jurusan pendidikannya. Atau bahkan, dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengam berwirausaha sehingga membuat Pacitan lebih sejahtera.

RELATED NEWS