STKIP PGRI Pacitan Ajak Lansia Tetap Semangat dan Hidup Sehat

Dias Lusiamala - Selasa, 31 Mei 2022 10:16 WIB
Para lansia diajari senam (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Memperingati Hari Lansia Nasional (HLN) 2022, Himpunan Mahasiswa Prodi E-Force STKIP PGRI Pacitan, mengadakan penyuluhan kesehatan bagi lansia.

Dalam kegiatan sosial yang bertajuk E-Talk: Health Equity for All Ages ini, peserta diberikan sosialisasi tentang pentingnya hidup sehat dengan aktivitas fisik, seperti senam lansia dan rekreasi yang diakhiri dengan cek kesehatan gratis.

Ketua Panitia Kegiatan, Agung mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Kali ini pihaknya menggandeng UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Kecamatan Pacitan.

"Agar tercipta kebahagiaan dan kenangan berharga serta dapat menggugah semangat para lansia untuk hidup sehat," kata Agung saat ditemui, Senin (30/5/2022).

Sementara menurut Pemateri yakni Bidan Mahdalena mengatakan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan kesegaran jasmani, menjaga daya tahan tubuh, mencegah kehilangan massa tulang dan manfaat lainnya.

"Meski pesertanya dari para lansia, tapi bagaimanapun juga kesehatan harus tetap dijaga dan ditingkatkan," jelas Bidan Mahdalena.

Dalam kesempatan itu, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Pacitan, Chusna Apriyanti juga berpesan kepada mahasiswa yang hadir agar kedepannya terus menjaga kepekaan terhadap isu permasalahan sosial di sekitar dan selalu berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.

"Mahasiswa tidak hanya menggunakan waktu untuk belajar di lingkup kampus namun juga harus belajar dari kehidupan. Melihat antusias para lansia ini luar biasa, semoga tahun depan bisa digelar kembali," kata Chusna Apriyani tentang adanya peringatan Hari Lansia Nasional 2022 yang difokuskan kepada pelayanan kesehatan lansia di Pacitan.

RELATED NEWS