Strategi Hemat Belanja Barang Sekolah Anak

Redaksi Daerah - Senin, 15 Juli 2024 15:13 WIB
5 Cara Menghemat Banyak Uang Saat Belanja Barang Keperluan Sekolah Anak (Freepik.com/odua)

JAKARTA - Minggu ini, anak-anak sekolah kembali aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, ada pula anak-anak yang memasuki sekolah baru, dan meninggalkan sekolah lama mereka.

Keperluan sekolah memang terkesan kecil, tapi tampaknya hal itu jika dijumlahkan maka cukup menguras banyak biaya. Bagi Anda yang mengalami pengalaman serupa, Anda bisa menyimak beberapa cara menghemat banyak uang saat belanja keperluan sekolah anak, berikut ini.

Cara Menghemat Banyak Uang Saat Belanja Alat Belajar Anak

1. Buat Rencana

Untuk memaksimalkan belanja alat belajar anak, Anda perlu membuat rencana terlebih dahulu. Membuat rencana untuk pengeluaran Anda dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dan berbelanja secara efisien.

2. Mulai dengan Anggaran

Saat merencanakan belanja peralatan sekolah, anggaran adalah alat terbaik yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu menjaga pengeluaran tetap pada jalurnya. Jika Anda sudah memiliki anggaran pribadi termasuk anggaran pengeluaran, utang, dan pendapatan, Anda perlu memeriksanya untuk melihat berapa banyak uang yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja keperluan sekolah anak.

Dengan mengacu pada anggaran, maka Anda akan terbantu saat berbelanja dan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Penganggaran untuk belanja kebutuhan sekolah mungkin berarti mengurangi pengeluaran Anda di pos pengeluaran yang lain seperti makanan atau pembelian barang mewah.

3. Buat Daftar Belanja

Mulailah membuat daftar belanja sebelum Anda pergi ke toko atau supermarket. Untuk menghindari pembelian yang tidak diperlukan, ada baiknya Anda membuat daftar belanja.

Sebelum Anda pergi berbelanja, Anda juga perlu melakukan inventarisasi apa saja persediaan yang sudah ada di rumah. Hal ini juga akan menjadi momen pengajaran yang bagus untuk anak-anak Anda. Uang yang berhasil dihemat dapat digunakan untuk membeli keperluan lain, seperti sepatu kets baru yang anak-anak inginkan.

4. Pilih Barang Bekas

Membeli barang yang baru memang dapat dilakukan untuk investasi pemakaian jangka panjang. Namun, Anda juga bisa membeli barang bekas karena harganya lebih terjangkau daripada barang yang baru meski sama-sama dapat digunakan dengan baik.

5. Manfaatkan Penawaran Diskon

Saat momen kembali ke sekolah, biasanya banyak toko yang memberikan berbagai diskon. Namun, mungkin sulit bagi Anda untuk menentukan diskon mana yang terbaik untuk Anda.

Anda bisa memanfaatkan Google Shopping atau berbelanja lewat e-commerce untuk membantu Anda membandingkan harga antar toko selama masa diskon ini.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang saat harus berbelanja barang-barang keperluan sekolah anak. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 15 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS