Sulap Limbah Ban Bekas Jadi Kursi Bakpao Yang Cantik

SP - Selasa, 23 Juni 2020 18:11 WIB
Kursi Bakpao, Kursi Cantik dari Bahan Bekas undefined

Ban bekas ternyata bisa dijadikan berbagai kerajinan salah satunya adalah kursi bakpao. Bentuknya yang bulat dan kecil membuat kursi ini disebut kursi bakpao. Kerajinan ini mungkin masih terdengar asing. Di tangan para perajin tangan, limbah ban bekas yang tadinya tidak memiliki arti bisa diubah menjadi kursi cantik, dan yang paling mengagumkan bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Seperti yang dilakukan salah satu perajin kursi bakpao dari limbah ban bekas yaitu Edy Cahyono warga Desa Nanggungan RT. 02 RW. 05 Kecamatan Pacitan. Ia mengaku berawal dari mencoba untuk koleksi pribadi akhirnya saat ini sudah mulai memproduksi untuk dijual, namun saat ini pemasarannya baru melalui aplikasi online .

“Awalnya mencoba mas untuk keperluan sendiri, hasilnya kok lumayan cantik, terus teman ada yang lihat kok tertarik”, terang Edy pada halopacitan (23/6/2020).

“Kalo pemasarannya sementara baru lewat online mas, baru merintis”, tambah Bapak satu anak ini.

Edy juga menuturkan bahwa ide ini berawal dari main ke rumah teman yang punya bengkel, ia melihat banyak ban mobil bekas, di situlah muncul ide kreatif bagaimana dari limbah ban ini bisa dimanfaatkan untuk perlengkapan rumah tangga. Akhirnya Edy memutuskan untuk mencoba membuat tempat duduk yang berbeda dari yang lain. Namun agar berbeda dengan kerajinan kursi ban bekas pada umumnya Edy menambahkan busa dan menggunakan pelapis kursi yang berwarna warni, hal inilah yang terlihat kursi bakpao lebih cantik dan menarik.

“Yang menarik ini mas warna pelapisnya banyak pilihan, bentuknya lucu bulat seperti bakpao, dan keunggulan kursi ini lebih awet dan tahan lama karena bahan bakunya dari ban karet mas”. Ujar Bapak yang juga hobi sepak bola ini.

Edy juga menjelaskan satu set kursi untuk dalam rumah terdiri 4 kursi dan 1 meja harganya dibandrol Rp. Rp.1.750.000,00 sedangkan untuk teras harganya Rp.1.100.00,00.

Dari kreatifitas, keunikan dan cara buatnya maka tak heran apabila limbah ban bekas bisa dirubah menjadi perlengkapan rumah tangga yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Cara pembuatan kursi bakpao dari limbah ban bekas tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja butuh ketelitian dan kreatifitas. Langkah pertama bersihkan ban yang akan dibuat sofa , lalu kasih rangka sebagai penguat, setelah rangka dipastikan terpasang kuat dilanjutkan pasang karet pada bagian atas untuk menambah lunak ketika di duduki, lalu pasang busa sesuai ukuran untuk menambah empuk dan nyaman, pasang kain pelapis untuk menutupi busa setelah selesai pasang kaki kursi.

Bagikan

RELATED NEWS