Sungai Dung Lembu, Alternatif Wisata Murah

Halo Wisata 6 Jul 2020, By Peri
Sungai Dung Lembu, Alternatif Wisata Murah (halopacitan/peri)

Satu lagi tempat wisata alternatif saat liburan, yaitu Sungai Dung Lumbu. Sungai tersebut terletak di perbatasan Desa Gondang dan Desa Mujing, Kecamatan  Nawangan.  Sungai yang tak pernah kering sepanjang tahun ini masih terlihat natural ditambah suasana pegunungan yang asri.

Minggu (5/7/2020), kontributor halopacitan mencoba melihat ke lokasi  Sungai Dung Lumbu. Untuk sampai di lokasi membutuhkan waktu  kurang lebih setengah jam dari Balai Desa Gondang dengan berjalan kaki di jalan setapak.

Sepanjang perjalanan, mata kita dimanjakan dengan suasana pegunungan yang memang sangat indah, bisa mengobati rasa capek. Setelah sampai terlihat  sungai yang  alami dengan keindahan batu  dan airnya yang sangat jernih.  Sungai Dung Lumbu pada musim kemarau ini menjadi sumber perairan lahan pertanian oleh warga sekitar.

Pada kesempatan tersebut halopacitan bertemu dengan Sutar, salah satu warga yang menyampaikan bahwa dari  Sungai Dung Lumbu tersebut yang telah mengairi tanam-tanaman kami. “Sungai ini (Dung Lumbu) kami manfaatkan untuk pengairan tanaman, kami sangat bersyukur saat musim kemarau  masih bisa memanen tanaman kami”, ungkap Sutar.

Selain itu Sutar menambahkan sebenarnya ada beberapa orang yang datang ke Sungai Dung Lumbu untuk sekedar  memancing dan bermain  menikmati keindahan alamnya.

“Kadang ada yang datang memancing, ada yang bermain sambil menikmati suasana pegunungan yang asri”, tambahnya.

undefined

SP