Tanamkan Peduli Lingkungan, SMK Kebonagung Ajak Siswa Menanam Pohon

Rahmat Deny - Minggu, 21 November 2021 09:58 WIB
Ilustrasi: Tanamkan Kebiasaan Peduli Lingkungan dengan Menanam Pohon

Sejumlah pihak memberikan apresiasi terhadap SMK Kebonagung dalam kegiatan menanam pohon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan. Upaya ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam melaksanakan reboisasi untuk meminimalkan bencana alam.

Program penanaman pohon di Pacitan memang perlu terus didorong karena potensi bencana di pacitan cukup tinggi termasuk longsor dan banjir di musim penghujan dan kekeringan saat musim kemarau. Selain itu,program tersebut juga mendukun terwujudnya Sekolah Adiwiyata dan juga

untuk mendukung kerindangan dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

"Kami berharap kegiatan penanaman pohon di sekolah bukan semata untuk persiapan lomba adiwiyata saja, namun dimaksudkan agar para siswa sebagai generasi kedepan lebih mencintai dan melindungi lingkungan agar tetap asri, dimulai dari lingkungan terdekat," Kata Hayatudin, Kabid Pengawasan dan Pengendalian.

Perlu diketahui bahwa berdasar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013, sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang peduli serta berbudaya lingkungan.

"Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar dapat menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan dan sekaligus untuk membentuk karakter siswa agar cinta lingkungan, dengan begitu maka akan terjaga keasriannya," pungkas Hayatudin.

Editor: SP

RELATED NEWS