Tanggul Jembatan Desa Mlati Ambrol, Aktivitas Warga Terganggu

Dias Lusiamala - Jumat, 17 Juni 2022 09:13 WIB
Tanggul jembatan Desa Mlati yang ambrol (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Tanggul jembatan di Desa Mlati ambrol akibat banjir yang terjadi Rabu (15/06/2022). Warga yang biasa menggunakan jembatan itupun harus mencari jalur alternatif sejauh 2 km.

“Hujan lebat yang mengguyur Selasa sore membuat sungai meluap dan menjebol sayap jembatan,’’ kata Kades Mlati Khamid, Kamis (16/6/2022).

Jembatan selebar 3 meter dengan panjang 20 meter itu ambrol di bagian ujungnya. Sungai di desa itu memang kerap meluap hingga perkebunan di sekitarnya. Namun, tak sampai menggenangi permukiman.

“Jembatan itu menjadi akses utama warga menuju sekolah dan pasar. Ada jembatan lain, tapi jaraknya jauh,’’ terangnya.

Mesiyem, warga Sedayu, berharap jembatan lekas diperbaiki. Satu-dua hari ini beberapa warga terpaksa menyeberangi palangan kayu yang dibentangkan di cekungan jembatan yang ambrol. Penyeberangan darurat itu tentu berbahaya.

“Semoga lekas diperbaiki agar kami tak kesulitan saat hendak ke pasar dan sekolah,’’ Kata Mesiyem.

Camat Arjosari Didik Darmawan telah melaporkan kerusakan itu ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pacitan. Satu unit alat berat telah diterjunkan ke lokasi guna membersihkan guguran material. Sementara dilakukan pengurukan tanah di sekitar lokasi untuk memberikan akses darurat bagi warga setempat.

“Penimbunan tanah dulu supaya akses warga tidak terputus total,” tutur Camat Arjosari Didik Darmawan.

RELATED NEWS