Tempe dan Sejuta Makna Sejarah

Halo Kuliner 17 Agt 2020, By Rahmat DS
Tempe dan Sejuta Makna Sejarah (halopacitan/rahmat DS)

Siapa yang tidak kenal tempe? Tempe mengingatkan kita dengan era Tanam Paksa di masa penjajahan Belanda pada abad-19. Tempe diduga ditemukan dengan tidak sengaja itu, menjadi alternatif asupan gizi masyarakat di era tanam paksa sebagai penyelamat kesehatan masyarakat. Kandungan protein dalam tempe yang melebihi telur ini menjadi alasan mengapa tempe terus diburu di setiap hidangan makan keluarga Indonesia.

 

Selain harganya yang terjangkau, makanan yang merupakan hasil fermentasi kedelai dengan ragi ini mengandung banyak manfaat. Bukan saja untuk kesehatan tetapi juga menjadi bagian penting kuliner nasional bahkan internasional. Dilansir dari CNN Indonesia Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo), Aip Syarifuddin mengungkapkan pengrajin tempe telah mengekspor produknya ke Korea Selatan, Hongkong dan Malaysia sejak pertengahan 2018 dan juga sudah merambah Arab Saudi.

 

Deny, salah satu warga Pacitan menyampaikan kesukaannya pada tempe. “Tempe menjadi makanan wajib yang harus ada. Saya lebih suka digoreng dengan balutan tepung. Dengan nasi hangat saja rasanya sudah sangat nikmat. Pokoknya tempe menjadi makanan favorit”, ungkap laki-laki kelahiran Jawa Barat tersebut pada halopacitan, Minggu (16/08/2020).

 

Berbagai olahan berbahan dasar tempe pun bermunculan. Mulai keripik tempe, brownies tempe, nugget tempe, sandwich tempe, dan lain-lain. Namun terkadang, masyarakat masih kurang memahami bagaimana menyimpan tempe agar tahan lama. Dilansir dari idntimes.com, ada 5 cara jitu agar tempe tahan lama, yaitu (1) beli tempe mentah, bisa yang dibungkus daun atau plastik, (2) pilih tempe yang segar, biasanya mempunyai ciri serabut putih yang halus dan putih bersih, (3) bumbui tempe dengan bawang putih dan garam yang bermanfaat sebagai pengawet, (4) simpan tempe dalam keadaan utuh dan masukkan ke dalam plastik, (5) simpan di dalam kulkas, dengan dibungkus kertas atau daun sehingga kelembabannya terjaga.

undefined

SP