Terlalu, Tiang Lampu Lalu Lintas Kok Dicuri

Amirudin Zuhri - Selasa, 11 Januari 2022 08:48 WIB
Ilustrasi Lampu APILL

YOGYAKARTA - Tiang lampu alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta di simpang empat Wirosaban hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Insiden ini diketahui sejak kurang lebih dua hari lalu yakni Jumat (7/1/2022).

Kepala Dishub Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho mengatakan, lampu Apill yang hilang itu hanya satu sisi saja, sementara sisi yang satunya tidak ikut raib digondol pencuri. Pencuri berhasil melepas baut perekat antara besi penyangga lampu dengan penampang.

“Hilang kurang lebih dua hari yang lalu. Itu aset lama ya senilai kurang lebih Rp2,5 juta. Bukan soal nilainya tapi utilitasnya,”kata Agus Senin (10/1/2022).

Atas kejadian tersebut, pihaknya berencana akan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. “Kami akan lapor Polisi, karena kami kehilangan aset. Kedua kami akan lakukan upaya ganti sementara,”terang dia.

Agus menjelaskan, saat ini total persimpangan di Kota Yogyakarta yang dipasang lampu Apill berjumlah 58. Sebagai antisipasi pihak Dishub bakal merancang model tertentu dalam pemasangan lampu Apill supaya kejadian di simpang Wirosaban terulang kembali.

“Kalau kami pasang kamera CCTV di ACTS bertahap, antisipasinya ya lebih aman lagi, kalau melepas itu butuh effort yang lama. Meski sebenarnya itu konsturuksi sudah standar,”tegasnya.

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Ties pada 10 Jan 2022

Editor: Amirudin Zuhri
Bagikan

RELATED NEWS