Tiga Cara Memaknai Nuzulul Quran

Dias Lusiamala - Selasa, 19 April 2022 13:52 WIB
Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Darul Falah Pacitan (Dias Lusiamala)

PACITAN-Nuzulul Quran adalah peristiwa penting bagi umat Islam di seluruh dunia, karena itu adalah malam turunnya Alquran. Peristiwa itu terjadi pada malam ke 17 Ramadan.

Masjid Agung Darul Falah Pacitan memperingati hari bersejarah itu dengan pengajian dan doa bersama pada 16 April 2022, selepas sholat tarawih pukul 20.00 hingga selesai.Ustadz Sofwan Aljauhari, M.Hi., M.Pdi Al-Hafidz mengisi tausiyah dalam momen Nuzulul Quran tentang bagaimana caranya agar momen bulan ramadan bisa dibawa ke bulan di luar ramadan, kemudian memahami petunjuk apa yang disampaikan al-quran dan menjadikan al-quran sebagai pedoman langkah hidup.

"Bagi saya, nuzulul quran ini sangat penting sekali untuk meningkatkan kecintaan kita kepada al quran sebagai 'hudan linnas' atau pentunjuk bagi manusia," kata Sadi Dulqorim selaku takmir Masjid Agung Darul Falah saat ditemui selepas acara pada Senin (18/04/2022).

Sadi juga menambahkan tips seperti yang telah Ustadz Sofwan singgung dalam tausyiahnya. Cara yang bisa dilakukan seorang muslim untuk memaknai Nuzulul Quran ada tiga cara.

Pertama, adalah istiqomah membaca Alquran. Di bulan Ramadan, paling tidak harus khatam satu kali selama Ramadan. Kedua, harus memperbanyak itikaf. Selama itikaf bacalah al quran atau dzikir. Ketiga, perbanyaklah amalan sunah dan doa-doa.

Harapan Sadi, semoga setelah bulan ramadan masih terus istiqomah menjaga ibadah yang telah dilakukan dalam bulan ramadan.

Editor: Amirudin Zuhri
Tags RamadanBagikan

RELATED NEWS