Tips Sukses Ala Isti, Pemilik OG Jewelry Pacitan yang Sukses Tembus Sejumlah Negara

Rahmat Deny - Kamis, 11 November 2021 16:48 WIB
(Almh) Ibu Ani Yudhoyono, Isri Presiden RI ke-6 Saat Mengenakan Aksesoris Karya OG Jewerly

Istianah, warga Desa Tanjungsari Pacitan ini terus membuktikan diri bahwa UMKM tetap mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19. Pemilik OG Jewelry, OG Galeri Pacitan, Pace Kece (Kaos Khas Pacitan) mengaku sukses menembus pasar nasional bahkan sejumlah negara di dunia. Sejumlah negara yang telah menjadi pangsa pasar OG Jewelry antara lain Singapura, Malaysia, Hongkong dan London.

“Saya buka paradigma berfikir saya bahwa Indonesia itu luas, rakyatnya ratusan juta, jika 1 persennya saja wanita yang suka aksesoris, saya yakin pasti saya sudah kewalahan dan pasti kok karya saya ada yang beli, tinggal buat desain dan aksesoris yang mengikuti selera dan kebutuhan pasar saja”, ucap Ibu tiga anak ini.

“Alhamdulillah, berkat kerajinan ini kami bisa bebas dari hutang , kami bisa lebih banyak sedekah, dan membantu pembangunan pondok tempat kami mengaji. Kerajinan OG juga jalan kami juga bisa mewujudkan impian-impian kami seperti membeli kendaraan motor dan mobil, serta jalan-jalan ke kota-kota besar bahkan ke luar negeri”, kata perempuan kelahiran Cirebon itu.

“Saya fikir tak ada yang tidak mungkin saat pademi, saatnya memperbaiki usaha dan fokus melihat kedalam usaha kita apa yang kurang dan harus dibenahi, harus adaptif dan banyak melakukan inovasi baik produk, desain, dan strategi usaha kita. Insyaallah kita bisa bertahan”, imbuhnya.

Saat ditanya berkaitan dengan tips menjalankan usaha, isti menyampaikan beberapa hal antara lain sebagai berikut.

1. Konsisten dengan kualitas, value yang kita tawarkan dan miliki, serta servis excellent

2. Bangun jaringan yang baik dengan konsumen/pelanggan kita, karena dimasa-masa sulit loyal costumerlah yang membuat kami bertahan

3. Gali terus apa kebutuhan konsumen, dan jangan takut berubah. Saat ini kita harus punya cash flow yang baik agar keuangan usaha bisa berjalan dengan baik.

4. Jangan lupa selalu bersyukur, membayar zakat mal usaha setiap bulan, bersedekah dan bersholawat, juga melalukan ibadah sunah sebisa kita agar usaha kita dijaga Allah termasuk jalan rezekinya.

5. Jika kita masih punya orang tua terutama ibu suami kita, berbuat baiklah, seringlah memberi baik perhatian maupun materi. Insyaallah doa dan ridho ibu kita akan melancarkan rezeki.

Editor: SP

RELATED NEWS