Untuk Lawan DBD, 7 Tanaman Ampuh Usir Nyamuk

Amirudin Zuhri - Kamis, 07 Juli 2022 16:31 WIB
Tanaman lavender bisa mengusir nyamuk

PACITAN - Kasus demam berdarah dengue atau DBD memang menjadi perhatian bagi banyak daerah termasuk Kabupaten pacitan. Data Dinas Kesehatan Pacitan menunjukkan sepanjang bulan Juni, ada sebanyak 20 kasus demam berdarah dengue yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Hendra Purwaka mengatakan, gigitan nyamuk Aedes aegypti tercatat kasusnya ada di Puskesmas Ngadirojo dan Donorojo. Kasus ini tak bisa dianggap remeh, karena dikhawatirkan akan terus merembet ke kecamatan lain di Kabupaten Pacitan. Total catatan kasus tahunan demam berdarah dengue di Pacitan mencapai ratusan kasus. Gigitan nyamuk aedes aegypti ini rentan terhadap anak-anak hingga lansia.

Usaha memutus perkembangbiakan nyamuk dan perkembangan larva nyamuk dapat dilakukan dengan rutin menguras bak mandi, menghindari genangan air, dan memantau wadah penampung air seperti vas bunga atau bak kamar mandi.

Selain itu, ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa diandalkan. Apa saja itu?

Daun Sirih

Melansir Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan yang diterbitkan Litbang Kemenkes RI 2013 lalu, daun sirih memiliki kandungan bahan aktif alkaloid, fenol, dan kavikol.

Kandungan pada tanaman merambat ini dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan perkembangbiakan nyamuk.

Tanaman ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mau mencoba membasmi nyamuk demam berdarah menggunakan bahan alami. Selain mudah dicari, pembudayaannya pun juga relatif mudah.

Kunyit

Masih dalam jurnal yang sama, disebutkan bahwa kunyit juga dapat digunakan untuk mengusir nyamyuk. Kandungan minyak atsiri dalam tanaman kunyit berguna sebagai bahan pembasmi nyamuk penyebab demam berdarah.

Selain itu, jika dikonsumsi, kurkumin yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses pemulihan penyakit demam berdarah.

Serai

Sebagai tanaman yang cukup banyak ditanam oleh masyarakat karena digunakan untuk memasak, menurut laman BALABA, tanaman serai juga cukup efektif dalam menghalau nyamuk. Pasalnya, terdapat kandungan atsiri dan sitronela di dalam tamanan serai.

Itulah sebabnya, serai kerap diandalkan sebagai bahan dasar obat pengusir nyamuk.

Gunakan air yang diberikan potongan serai sebagai penyegar ruangan atau rebus serai dan gunakan airnya untuk mengepel lantai rumah agar nyamuk enggan “bertamu”.

Lavender

Sama dengan serai, tanaman bunga lavender juga berpotensi sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak jarang kita menemukan produk antinyamuk dengan tambahan lavender.

Selain warnanya yang indah dan wanginya yang khas, ternyata lavender dapat menjadi pilihan tanaman hias pengusir nyamuk demam berdarah.

Pisang raja

Jangan salah. Selain bisa dinikmati sebagai olahan maupun dimakan langsung, pisang raja juga memiliki manfaat lain untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda.

Melansir penelitian yang terbit dalam jurnal Higiene pada 2016 lalu, lavonoid dan saponin yang ada di dalam ekstrak kulit pisang efektif untuk mematikan larva nyamuk Aedes aegypti. Kedua senyawa ini bekerja dengan menghambat saluran pencernaan nyamuk serta bersifat toksik bagi larva nyamuk.

Rambutan

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Kesehatan Andalas 2018 lalu menemukan ekstrak etanol dari biji rambutan mampu mematikan larva nyamuk Aedes aegypti hingga 80 persen setelah dipaparkan selama 24 jam.

Hal ini membuktikan bahwa tanaman rambutan bisa dimanfaatkan bijinya sebagai bahan larvasida nabati..

Melati

Penelitian yang dilakukan oleh Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (BALABA) Ciamis menemukan bahwa melati memiliki efektivitas paling tinggi dibandingkan tanaman lainnya untuk membasmi nyamuk.

Bagian bunga dari tanaman melati mengandung minyak atsiri yang biasa digunakan untuk menghalau nyamuk. Melati tergolong tanaman yang tidak disukainya. (Eff)

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Ties pada 07 Jul 2022

Bagikan

RELATED NEWS