Vaksin Booster Kedua untuk Nakes di Pacitan Seret

Dias Lusiamala - Selasa, 23 Agustus 2022 09:13 WIB
Vaksin booster untuk nakes (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN – Vaksinasi covid 19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Pacitan karena dosis vaksin booster kedua kosong.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Hendra Purwaka mengatakan, vaksinasi booster kedua ini wajib menggunakan varian Moderna. Sayangnya, stok terbatas. Dari 2.790 nakes, hanya 68 persen (1.622 petugas) yang telah disuntuk di akhir Juli lalu. “Stok (Moderna) masih kosong. Kami menantikan kiriman dari pemprov,” kata dr. Hendra, Senin (22/8/2022).Hendra memastikan masalah ini tak berkepanjangan.

Pemerintah Kabupaten Pacitan telah dijanjikan bahwa stok tambahan itu bakal dikirimkan ke Pacitan pada pekan ini. Sehingga vaksinasi booster kedua bagi nakes dapat segera dilanjutkan.

“Pada tahap satu kemarin kami utamakan garda depan dulu yang bersinggungan langsung dengan pasien. Sisanya menunggu kiriman vaksin berikutnya,” kata Hendra.

Pihaknya berharap vaksinasi pada nakes dapat memotivasi masyarakat umum. Sehingga progres vaksinasi di kabupaten ini kembali dapat terkerek. Sebab, vaksinasi dosis ketiga sejauh ini kurang diminati warga. Meskipun beberapa upaya penyadaran telah dilakukan demi memperluas cakupan kekebalan kelompok.

“Dosis tambahan ini tentu sangat bagus untuk menambah kekebalan tubuh dari ancaman virus korona. Kami harapkan kesediaan masyarakat agar melanjutkan tahapan vaksinasinya,” kata Hendra.

RELATED NEWS