Wah, Sejarah Pacitan akan Diangkat dalam Komik

Amirudin Zuhri - Jumat, 27 Mei 2022 10:08 WIB
epala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Ahmad Taufan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pacitan saat ini sedang merintis pembuatan komik yang berisikan sejarah lahirnya kabupaten Pacitan yang lokasinya berada di kawasan Wengker Kidul.

“Agar sejarah lahirnya Pacitan, bisa diketahui masyarakat, utamanya para generasi muda. Mereka harus kita edukasi agar memahami sejarah adanya kabupaten bernama Pacitan, yang telah berhasil melahirkan seorang tokoh bangsa yang pernah menjadi seorang presiden selama dua periode,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Ahmad Taufan Rabu (25/5/2022).

Ahmad Taufan pun menjelaskan alasannya kenapa harus membuat cerita sejarah ini dengan media komik. Seperti yang terjadi belakangan ini, perkembangan teknologi informasi yaitu dengan adanya gadget disertai dengan aneka fitur serba canggih, menjadi salah satu penyebab menurunnya minat baca masyarakat, salah satunya di Pacitan.

Warga masyarakat lebih menyukai bermain gadget dan berselancar pada mesin pencarian google untuk mengisi waktu luangnya, dibanding dengan membaca buku menjadi sesuatu yang membosankan. Konten -konten yang masyarakat akses pun kebanyakan tentang konten hiburan berbasis aplikasi.

“Dari sinilah, kami mencoba rintisan pembuatan komik yang bermuatan tentang sejarah babat Pacitan. Secara bertahap, komik-komik nantinya juga akan dibuat secara digital agar tidak ada alasan lagi untuk tidak membacanya,” katanya.

Untuk tahap awal komik akan dicetak menjadi buku dan bisa diakses di galeri Dinas Perpustakaan. Dengan program ini, selain bisa mendongkrak minat baca masyarakat, utamanya anak-anak usai sekolah akan bisa dengan mudah memahami tentang asal -usul daerahnya.

Tags sejarah pacitanBagikan

RELATED NEWS