Warga Pacitan Harus Waspada, Angin Kencang Berpotensi Terjadi

Amirudin Zuhri - Senin, 01 November 2021 09:48 WIB
ilustrasi undefined

PACITAN- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Jawa Timur mengeluarkan peringatan dini terkait dengan sejumlah wilayah di Jawa Timur yang berpotensi dilanda angin kencang sehingga masyarakat diharapkan lebih waspada. Salah satu wilayah yang rawan dengan kondisi cuaca tersebut adalah Pacitan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, Senin 1 November 2021 mengatakan, dari pantauan citra satelit yang dilakukan pada hari ini tercatat beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi dilanda angin kencang."Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur," katanya.

Ia mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang pada pagi bari adalah Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Bondowoso.

"Kemudian pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo," ujarnya.

Ia mengatakan, secara umum suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 14 - 36 derajat celsius, kelembapan udara berkisar antara 45 - 100 persen dengan kecepatan angin dominan dari tenggara ke timur dengan kecepatan 05 - 30 kilometer per jam.

"Waspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, tanah longsor dan juga banjir terutama saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan di setiap kabupaten/kota untuk menyampaikan informasi terbaru kondisi cuaca.

"Masyarakat bisa mengakses informasi terkait BMKG melalui berbagai kanal yang sudah disediakan," katanya.

RELATED NEWS