Waspada Covid-19, Sarana Cuci Tangan di Sejumlah Pasar Pacitan Akan Disiapkan

Halo Berita 17 Mar 2020, By Rahmat DS
Waspada Covid-19, Sarana Cuci Tangan di Sejumlah Pasar Pacitan Akan Disiapkan (halopacitan/istimewa)

Covid-19 memaksa semua pihak untuk bergerak cepat, mulai regulasi hingga eksekusi. Pemda Kabupaten Pacitan melalui SE 443/066/408.21/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease di Kabupaten Pacitan, tanggal 16 Maret 2020, mengatur hal-hal terkait pencegahan corona.

Surat Edaran (SE 443/066/408.21/2020) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease yang ditandatangani oleh Wakil Bupati Pacitan tersebut telah mengatur berbagai hal termasuk mengatur perihal peningkatan kewaspadaan terhadap corona virus disease di pasar/terminal/fasilitas umum lainnya. Terdapat  tiga item yang telah diatur (1) agar senantiasa menjaga pola hidup bersih sehat (PHBS)  salah satunya melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sesering mungkin (2) menyediakan sarana untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS), alat pembersih sekali pakai (tissue) atau hand sanitizer di setiap lokasi strategis; (3) secara periodik dilakukan pembersihan dan sterilisasi.

Hari ini, Selasa (17/03/2020) team halopacitan melakukan perjalanan ke sejumlah pusat perbelanjaan di Pacitan, namun belum ditemukan tempat cuci tangan ataupun hand sanitizer. Demikian juga dengan salah satu bank yang didatangi oleh team halopacitan belum menyediakan kelengkapan cuci tangan tetapi semua yang datang ke bank diperiksa suhu tubuhnya.

Kabid Pasar Daerah, Aris Setiadi, saat dikonfirmasi melalui telephone, terkait upaya penyediaan perangkat cuci tangan di pasar, pihaknya menyampaikan,“Besok akan mulai dipasang tabung air untuk cuci tangan di sejumlah pasar, yaitu Pasar Minulyo, Pasar Arjowinangun, Pasar Punung, Pasar Donorojo, Pasar Arjosari, dan Pasar Lorog”.

“Kami masih pesan di Solo, karena kami memerlukan tabung yang berkapasitas 25 liter. Untuk pemasangan akan diletakkan di pintu masuk dan keluar. Seperti di Pasar Minulyo karena terdapat  dua pintu masuk maka akan dipasang dua, sedangkan di 5 pasar lainnya akan dipasang 1. Saat ditanya berkaitan dengan sterilisasi atau pembersihan secara berkala yang dilakukan lebih dari hari-hari sebelumnya, Aris mengaku belum ada petunjuk.

undefined

SP