Waspada, Penyakit di Musim Hujan

Halo Sehat 11 Jan 2020, By Rahmat DS
Waspada, Penyakit di Musim Hujan (halopacitan/istimewa)

Memasuki tahun 2020 berkah Tuhan kembali datang dengan hadirya hujan yang mengguyur wilayah Republik Indonesia. Hujan yang hampir turun setiap hari dengan intensitas sedang sampai dengan tinggi di beberapa daerah bahkan menyebabkan banjir. Hal yang tak kalah pentingnya diwaspadai adalah beberapa penyakit di musim hujan.

Dilansir dari Tribunnews.com, Kementerian Kesehatan mengingatkan untuk mewaspadai penyakit terkait penyakit yang menyerang pernafasan atau pencernaan. Itu dapat mengganggu stamina tubuh dan kesehatan. Penyakit yang harus diwaspadai sebagai berikut.

Influenza

Penyakit influenza termasuk penyakit yang mudah terjadi saat pergantian cuaca dan juga mudah ditularkan ke orang lain, baik orang dewasa maupun anak-anak. Virus influenza bisa menular melalui mulut, hidung, ataupun tangan yang menyentuh benda yang tekontaminasi virus influenza. Tisu disinyalir lebih praktis digunakan saat kita diserang flu, dan dapat segera dibuang setelah digunakan sehingga mengurangi kemungkinan virus bertahan di tubuh kita. (NOVA) Influenza bisa dicegah dengan olahraga,  istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh, juga makan makanan sehat bergizi, seperti konsumsi buah dan sayur, berperilaku hidup bersih seperti mencuci tangan dan memakai masker ketika flu.

Demam Berdarah

Saat musim hujan tiba, perkembangan nyamuk aedes aegypti semakin merajalela akibat banyaknya genangan air sebagai tempat berkembang biak. Timbulnya bercak-bercak merah pada kulit yang diikuti juga dengan pusing dan demam merupakan tanda penyakit DBD (Deman Berdarah Dengue).

Tiga M Plus (3M Plus) dapat menjadi salah satu solusi, yakni menguras bak mandi, menutup tempat air, dan memanfaatkan barang-barang  bekas serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Nyamuk nyaman tinggal di tempat yang basah dan lembap, seperti di pagar yang menampung air, hingga tumpukan baju yang biasa digantung di belakang pintu.

Diare

Diare biasanya muncul akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit lainnya. Virus penyebab diare adalah bakteri campylobacter, salmonella, shigella, dan e. coli. Diare yang biasanya akan membuat penderita sakit perut dan ingin buang air besar terus ini bisa dicegah juga dengan menerapkan gaya hidup bersih. Kebersihan tangan paling utama karena terkadang digunakan untuk memasukan makanan ke dalam mulut. Mencuci tangan  dengan sabun dan air mengalir akan membantu kita terhindar dari kuman.   

undefined

SP