Waspada Sistem Imun Tubuh Menurun, Ini Tanda-tandanya

Halo Sehat 29 Sep 2020, By Rahmat DS
Waspada Sistem Imun Tubuh Menurun, Ini Tanda-tandanya (halopacitan/istimewa)

Waspada Sistem Imun Tubuh Menurun, Ini Tanda-tandanya

Sistem imun menjadi salah satu benteng pertahanan agar kita terhindar dari serangan penyakit termasuk COVID-19. Di tengah pandemi COVID-19 yang dialami masyarakat Indonesia hampir 7 bulan ini menyadarkan masyarakat bahwa menjaga imun tubuh menjadi sebuah keharusan. Mereka yang awalnya tidak suka mengosumsi buah, sayur, bahkan jamu akhirnya mendadak mau. Namun, jarang diantara mereka yang paham bagaimana ciri ketika sistem imun tubuh menurun.

Tidak ada alat ukur khusus untuk mendeteksi bahwa sistem imun seseorang sedang menurun. Namun, demikian kita dapat mendeteksinya dengan memperhatikan sinyal-sinyal terutama yang terjadi pada tubuh kita, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

  1. Luka sulit sembuh

Luka dapat memicu sistem imun bekerja, seperti dijelaskan oleh Brian Chow, dokter penyakit infeksi di Tufts Medical Center. Hal tersebut terjadi karena saat kondisi prima, sel darah putih langsung membantu melawan bakteri penyebab infeksi sementara, sel darah merah akan membantu pembentukan jaringan baru.

Waktu seseorang luka waktunya sembuhnya ada yang cepat dan ada yang lama. Seseorang yang luka dan cepat sembuh adalah mereka yang imunnya prima. Namun, pada mereka yang lukanya sulit sembuh bisa menjadi pertanda bahwa sistem imun dalam tubuhnya sedang menurun.

2. Telinga Bermasalah, Terjadi Infeksi Sinus

Sakit telinga dan infeksi sinus dalam durasi tertentu bisa menjadi tanda sistem imun sedang turun. Jika Anda mengalami lebih dari empat kali infeksi telinga atau tiga kali infeksi sinus dalam setahun berarti Anda memiliki sistem imun yang rendah. Tanda lain juga bisa diamati dari infeksi pernapasan atau pneumonia. Anda patut waspada kalau jika mengalami dua kali pneumonia dalam setahun.

3. Sering Deman, Tanda Imun Tubuh sedang Turun

Demam seringkali membuat rasa tidak nyaman. Demam dengan intensitas tertentu merupakan sebuah sinyal bahwa sistem imun sedang dalam kondisi kurang prima.

4. Tubug Gampang Lelah

Kelelahan normal terjadi setelah melakukan aktivitas fisik berat. Namun, saat rasa lelah datang tanpa ada aktivitas berarti, salah satu yang patut dicurigai adalah penurunan sistem imun. Chow merekomendasikan untuk mengecek apakah Anda mengidap anemia, sleep apnea, masalah endokrin atau gangguan lain. Jika tidak, berarti sistem imun Anda sedang bermasalah.

5. Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan menjadi salah satu tanda sistem imun tubuh sedang turun. Masalah pada pencernaan berbanding lurus dengan tingkat stress seperti disampaikan Kathryn Boling

undefined

SP