Yuk Simak, 6 Ciri Pemimpin Karismatik

SP - Selasa, 13 Oktober 2020 03:36 WIB
Ilustrasi: Gambaran Seorang Pemimpin Masa Depan undefined

Seorang pemimpin dengan kemampuan kepemimpinan yang efektif, komunikatif dan mau mendengarkan, adalah sosok yang banyak dirindukan. Kebijakan seorang pemimpin serta cara pandang yang luas menjadi tumpuan dan harapan banyak orang.

Seorang pemimpin dengan kharismanya mampu memancarkan magnet tertentu bahkan menarik minat banyak orang untuk mengikuti kata-katanya. Mereka tahu bagaimana meminta perhatian tidak hanya dengan kata-kata mereka, tetapi juga irama suara mereka dan bahkan bahasa tubuh mereka.

Karisma dalam bahasa Yunani berarti “pemberian ilahi.” Adapun, kamus Merriam-Webster mendefinisikannya sebagai “keajaiban kepemimpinan pribadi yang membangkitkan loyalitas atau antusiasme populer istimewa sebagai seorang tokoh publik.”

Dirangkum dari Lifehack, berikut kualitas seorang pemimpin karismatik dan mengapa mereka sangat bermanfaat, seperti dilansir TrenAsia.com adalah sebagai berikut.

Beradaptasi

Profesor psikologi dari University of Queensland di Australia, William von Hippel, percaya bahwa kemampuan beradaptasi adalah sifat nomor satu yang dimiliki semua pemimpin yang efektif.

“Jelas ada banyak kualitas yang memungkinkan orang untuk sukses secara sosial. Namun, fakta bahwa sesuatu yang berhasil dalam satu situasi sering kali tidak berhasil di situasi lain menunjukkan bahwa fleksibilitas perilaku mungkin merupakan satu-satunya atribut terpenting untuk fungsi sosial,” kata von Hippel.

Para pemimpin karismatik menemukan cara untuk membuat limun dengan lemon yang telah diberikan kepada mereka.

Kemampuan beradaptasi ini selanjutnya dipecah oleh von Hippel menjadi beberapa cabang, yakni menjadi orang yang cerdas, mengetahui bagaimana menangani perubahan, dan tetap tenang di tengah gangguan.

Menurut von Hippel, orang karismatik mungkin tidak selalu tahu jawaban yang benar untuk pertanyaan sulit, tetapi mereka memiliki kemampuan untuk memberikan jawaban alternatif dan memilih yang terbaik untuk situasi tertentu.

Mereka juga selaras situasi yang terjadi di sekitar mereka dan dapat dengan cepat mengubah perilaku mereka untuk menangani konflik apa pun.

Mudah beradaptasi memungkinkan mereka untuk berhasil dalam kesepakatan bisnis dan terus maju, bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

Percaya diri

Kepercayaan adalah salah satu hal terpenting yang dibangun para pemimpin dengan timnya. Ketika seorang pemimpin percaya diri dan tidak takut untuk mengambil sikap yang berani, hal itu memungkinkan orang lain untuk sedikit rileks dan berdiri di belakang pemimpin itu karena mereka mempercayai pemimpinnya.

Pemimpin karismatik memancarkan kepercayaan hampir tanpa goyah. Memperlihatkan kepercayaan diri tidak selalu mudah, tetapi itu pasti bisa dipelajari dan sangat penting untuk sukses.

Pemimpin yang percaya diri akan selalu menjadi orang yang melihat gelas setengah penuh dan optimisme semacam ini bisa menjadi alat motivasi yang ampuh bagi orang yang mereka pimpin.

Visioner

Pemimpin karismatik mungkin menghormati masa lalu, tetapi mereka tidak akan terjebak di dalamnya. Mereka memiliki pola pikir untuk berinovasi dan hampir selalu mencari cara untuk memperbaiki keadaan.

Cara berpikir ke depan seperti inilah yang membuat seseorang seperti Martin Luther King Jr. menjadi pemimpin yang karismatik. Dia memiliki visi yang jelas bahwa dia sangat tertarik dan tahu bagaimana mengkomunikasikannya.

Pemimpin karismatik memiliki tujuan yang jelas yang ingin mereka capai. Dikombinasikan dengan kepercayaan diri, pemimpin dengan tujuan jelas bisa sangat memabukkan bagi orang lain.

Di samping kemampuan beradaptasi, ini mungkin kualitas terpenting kedua dari seorang pemimpin yang karismatik, dan bagaimana mereka berbagi visi sering kali menghasilkan respons emosional yang kuat dari orang lain.

Memiliki Tekad

Jika visinya adalah puncak yang sangat jauh, tekad adalah pendorong yang membuat para pemimpin karismatik terus maju. Ambil contoh visi Amazon untuk memiliki jejak karbon nol pada tahun 2040. Untuk mewujudkannya, Jeff Bezos dan timnya membutuhkan tekad yang .

Pemimpin yang memiliki tekad tidak menyerah ketika mereka menemui hambatan. Sebaliknya, mereka menundukkan kepala, beradaptasi, dan mendorong diri untuk terus maju ke depan.

Dorongan untuk terus maju ini dapat menetes ke bawah dan memotivasi bawahan mereka untuk bekerja lebih keras dalam mencapai tujuan bersama.

Komunikator yang Hebat

Ada alasan mengapa kerumunan akan datang berbondong-bondong untuk mendengar seorang politikus berbicara: politisi yang paling menawan tahu bagaimana mengkomunikasikan visi mereka secara efektif dan jelas.

Mereka yang memiliki kepribadian yang sangat karismatik sering kali memiliki keyakinan yang kuat dan dapat menjadi sangat persuasif dengan kata-kata dan bahasa tubuh mereka. Sederhananya, mereka adalah pendongeng yang baik.

Pemimpin karismatik menarik pendengar dengan postur yang baik, kontak mata, dan gerakan tangan untuk membantu menghubungkan kata-kata mereka dengan hadirin.

Mereka mengartikulasikan kata-kata mereka untuk membantu menyampaikan visi mereka dan menyampaikan pesan mereka dengan percaya diri. Komunikasi yang jelas adalah kunci untuk merumuskan tujuan baru dan mendapatkan kepercayaan dari orang-orang di sekitarnya.

Kreatif

Orang karismatik cenderung berpikir di luar kotak dan mencari cara baru dalam melakukan sesuatu. Ini, tentu saja, terkait dengan hasrat dan visi.

Pemikir karismatik tidak hanya cenderung menjadi orang yang kreatif, tetapi mereka juga menantang status quo dan mengambil risiko untuk mewujudkan visi tersebut menjadi kenyataan.

Selain berpikir out of the box, manajer terbaik dengan keterampilan kepemimpinan yang efektif mendorong orang lain untuk memanfaatkan kreativitas mereka sendiri dan meningkatkan cara mereka mendekati suatu situasi.

Seorang pemimpin yang karismatik bangkit untuk memenuhi tantangan yang mereka hadapi dan memandang masalah sebagai peluang untuk berinovasi. Survei global terhadap lebih dari 1.500 CEO dari 60 negara menemukan bahwa kreativitas adalah atribut yang paling dicari dalam seorang pemimpin.

Ketika para pemimpin menunjukkan semangat kreatif mereka, mereka tampil sebagai orang yang sangat karismatik dan menginspirasi orang lain untuk mengikuti petunjuk kreatif itu juga.

Bagikan

RELATED NEWS