Keren! SMPN 2 Kebonagung Pacitan Sumbangkan 125 Kambing untuk Siswa Tak Mampu

Senin, 13 Desember 2021 08:49 WIB

Penulis:Amirudin Zuhri

Editor:Amirudin Zuhri

Penyerahan infak kambing SMP N 2 Kebonagung
Penyerahan infak kambing SMP N 2 Kebonagung (Istimewa)

PACITAN-Langkah keren yang tidak hanya layak dipuji, tetapi juga sebaiknya diikut. Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMPN 2 Kebonagung dalam beberapa tahun terakhir ternyata telah berhasil mengumpulkan dan menyumbangkan 125 kambing. 

Binatang ternak tersebut kemudian diserahkan bagi siswa dari keluarga tidak mampu untuk dipelihara dan dikembangkan dengan harapan bisa meringankan biaya pendidikan.

Kegiatan ini sudah berjalan sejak tahun 2013 dan jumlahnya terus meningkat. "Tahun 2021 ini ada 14 ekor kambing, total sudah 125 ekor yang diserahkan," kata Kepala SMPN 2 Kebonagung, Triantoro Minggu 12 Desember 2021.

Dia menambahkan pihaknya sengaja memberikan infaq dalam bentuk kambing, agar lebih bernilai produktif. "Kambingnya betina, agar dapat dipelihara dan berkembang biak," tambahnya.

Tujuan pentasyarufan ini adalah untuk meringankan beban sekolah. Yang paling lenting adalah agar siswa memiliki jiwa mandiri dengan ikut memelihara kambing tersebut. Saat ini SMPN 2 Kebonagung memiliki 27 PTK dan 397 siswa.