Semangat Berbagi di Hari Jadi

Selasa, 15 Februari 2022 10:26 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

Editor:AZ

donor.jpg
Kegiatan donor darah di Pendopo Kabupaten Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Berbagai kegiatan digelar untuk memperingati hari jadi ke 277 Kabupaten Pacitan. Salah satunya donor darah yang dilaksanakan oleh PMI Pacitan,

Donor darah dilakukan di Pendopo Pacitan Senin (14/02/2022). Dalam acara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut masyarakat cukup antusias berbagi darah mereka bagi yang membutuhkan. Sebanyak 3 bed yang disediakan oleh PMI untuk para pendonor tak pernah kosong.

Pendonor yang akan mendonorkan darah, langsung datang ke meja pendaftaran, mengisi formulir berupa data diri. Lalu kemudian diambil sample darahnya sedikit, untuk dites apakah memenuhi syarat untuk donor. 

“Syaratnya HB minimal 12,5g% maksimal 17,0g%, kemudian berat badan juga harus terpenuhi minimal 45kg. Kalau dulu HB 12,0g% bisa, namun sekarang sudah dinaikkan,” kata Miswan seorang petugas PMI.

Setelah pendonor dinyatakan memenuhi syarat untuk donor darah, mereka disilahkan mengantre di kursi yang telah disediakan dan akan dipanggil jika sudah ada bed yang kosong. Setelah mendonorkan darah pendonor diberikan bingkisan snack dan kartu tanda telah mendonorkan darah.

Apabila belum sempat mendonorkan darah pada acara donor darah di pendopo, warga pacitan bisa datang ke PMI Pacitan langsung. Pada jam kerja PMI melayani donor darah bagi warga pacitan.