Alhamdulillah, Desa Bodag Dapat 73 Unit Septic Tank

Jumat, 18 Maret 2022 12:51 WIB

Penulis:Amirudin Zuhri

bupati tanck.jpg
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat meluncurkan program infrastruktur sanitasi di Desa Bodag (Ist)

 

PACITAN- Menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pacitan meluncurkan program pengadaan septic tank.

Desa Bodag Kecamatan Ngadirojo terpilih mendapatkan program khusus tersebut. Sebanyak 73 unit septic tank akan dibangun gratis untuk masyarakat wilayah tersebut. 

Karena berasal dari dana DAK maka pelaksanaan program tersebut akan melibatkan masyarakat langsung melalui swakelola

"Terimakasih dengan adanya bantuan ini, harapan kulo bantuan niki panjenengan ginaken, jangan sampai sudah dibuatkan justru tidak dimanfaatkan," kata Bupati Indrata Nur Bayuaji  saat menghadiri pelaksanaan soalisasi program di Balai Desa Bodag, Kamis (17/03/2022).

Dengan perbaikan sanitasi ini Bupati berharap derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat. Dengan jasmani yang sehat, akan tercipta tubuh yang kuat bekerja akan lebih giat dan muaranya ekonomi akan meningkat.

Di Desa Bodag sendiri masih terdapat sekitar 200-an kepala keluarga yang belum memiliki jamban layak. Hal itu diakui kepala desa setempat, Haryono. Menurutnya, persoalan sanitasi masih menjadi pekerjaan rumah bagi Desa Bodag. 

Selain kelayakan fasilitas MCK, air bersih juga kerap menjadi persoalan. Terbukti, masih ada beberapa wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih saat kemarau. Ia berharap, kedepan program infrastuktur sanitasi ini berkembang ke perbaikan pemenuhan air bersih dan sehat bagi warga.