Gandeng Bank Jatim, Disparpora Luncurkan E-Ticketing Pariwisata

Kamis, 23 Desember 2021 15:58 WIB

Penulis:Amirudin Zuhri

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (dua kanan) saat peluncuran e-Ticketing
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (dua kanan) saat peluncuran e-Ticketing (Disparpora Pacitan)

PACITAN- Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) bersinergi dengan Bank Jatim meluncurkan E-Ticketing Pariwisata dan QRIS. Dengan demikian untuk masuk objek wisata di Pacitan bisa dilakukan dengan pembayaran nontunai.

Peluncuran dilakukan bersamaan dengan penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jatim dan launching E-Pasar yang dilaksanakan di Pasar Minulyo Pacitan pada Kamis (23/12/2021).

Kerjasama antara Bank Jatim dengan Disparpora melalui E-Ticketing ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian pariwisata Pacitan. Sehingga dengan adanya pembayaran non tunai menggunakan QRIS dapat mempermudah dan mempercepat pembayaran, serta mengurangi risiko penularan Covid-19 khususnya di sektor pariwisata.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bank Jatim yang sudah bekerjasama meningkatkan ekonomi Pacitan dengan E-Pasar dan E-Ticketing dengan harapan kedepanya Pacitan bisa terus berinovasi dengan teknologi yang semakin berkembang.

Dalam kesempatan yang sama, Kadisparpora, T. Andi Faliandra mengatakan dengan adanya E-Ticketing di pariwisata ini dapat mempermudah pengunjung yang datang sehingga dapat menggunakan e-money tanpa harus menggunakan uang fisik yang dapat mempermudah penularan Covid-19.

“Adanya program ini semoga dapat memajukan sektor pariwisata dan mempermudah pengunjung yang datang tanpa harus menggunakan uang fisik yang dapat mempermudah penularan Covid-19,” kata Andi.

Kedepannya pembayaran e-ticketing menggunakan QRIS ini akan diberlakukan di semua destinasi wisata di Kabupaten Pacitan, khususnya pada 9 destinasi wisata yang dikelola pemerintah.