Ingin Mendapat Uang dari Menulis di Wattpad? ? Coba 5 Langkah Ini

Kamis, 23 Desember 2021 12:04 WIB

Penulis:Amirudin Zuhri

wattpad.png
Wattpad

PACITAN – Banyak orang yang suka atau hobi menulis. Hobi ini bisa dilakukan sambil bersantai. Nggak melulu harus menyediakan pensil dan buku, saat ini sudah banyak aplikasi yang memberikan fitur bagi penggunanya untuk menulis. 

Salah satunya adalah aplikasi Wattpad. Tapi tahukah kamu, kalau aplikasi Wattpad ini ternyata juga bisa mendatangkan penghasilan?

Berikut ini adalah Langkah-langkah untuk mendapatkan penghasilan dari Wattpad.

1. Lakukan riset

Sebelum menulis sebuah cerita, kamu harus melakukan riset lebih dulu untuk mengetahui siapa sasaran pembaca dari ceritamu. Pasalnya setiap pembaca memiliki ketertarikan terhadap konten yang berbeda. Kamu harus menentukan lebih dulu tipe pembaca yang akan menjadi targetmu. 

2. Konsisten

Agar Wattpad yang kamu tulis bisa menghasilkan uang, sebaiknya kau konsisten dalam menulis. Sebagai contoh, untuk satu judul novel, kamu bisa menulis satu bab per hari atau dua kali dalam sepekan. Tidak hanya sekadar menulis, kamu juga harus menentukan gaya penulisan dan tata bahasa dalam ceritamu. 

3. Pasang cover yang menarik

Selain judul, cover sebuah novel juga menjadi hal pertama yang dilirik oleh pembaca. Untuk mendesain cover yang orisinil, kamu bisa memanfaatkan situs desain yang tersedia di internet seperti Canva. Atau kamu juga bisa membuatnya sendiri melalui CorelDraw, Photoshop, atau PowerPoint.

4. Publikasikan tulisanmu

Kamu bisa membagikan karya ke media social seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Hal ini akan membuatmu menjangkau lebih banyak audiens, termasuk kepada audiens yang tidak menggunakan Wattpad Books untuk membantumu terhubung dengan penerbit, sehingga tulisanmu dapat dipublikasikan ke audiens yang lebih luas. 

5. Manfaatkan Wattpad Paid Story dan Patreon

Kamu bisa memanfaatkan fitur Wattpad Paid Story untuk mendapatkan uang dari tulisanmu. Syaratnya, kamu harus memiliki pembaca yang cukup banyak disertai kualitas tulisan yang baik. Selain Paid Story, kamu juga bisa memanfaatkan Patreon, yaitu aplikasi yang memungkinkan pembaca untuk membayar agar dapat membaca atau mengapresiasi tulisanmu. (*)

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 22 Dec 2021